Indonesia English
Senin, 08 Agustus 2022 |
Pendidikan

DRS. LILI RAMLI,M.KOM : BEKALI SISWA SMKN 3 KUNINGAN DENGAN BUDI PEKERTI DAN AKHLAK MULIA.

Rabu, 29 Juni 2022 19:14:08 wib - Komentar


Kuningan (Banten88.com) :VISI sekolah favourite SMKN 3 Kuningan seperti dituturkan pimpinan sekolah tersebut, Drs. Lili Ramli, M.Kom kepada media cyber Banten88.com (Rabu, 29 Juni 2022), adalah menjadi pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan bidang teknologi berbasis industri untuk menghasilkan lulusan kreatif, inovatif, profesional dan berjiwa enterpreneur.
Sedang Misi sekolah ini, masih ungkap Lili Ramli, membekali peserta didik dengan budi pekerti, akhlak mulia, iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Memberikan layanan prima dibidang pendidikan yang dapat menumbuhkan sikap inovatif, kreatif dan profesional.
Mengembangkan kewirausahaan dan membekali peserta didik dengan pendekatan kurikilum implementatif berbasis produksi.
Menjalin kerjasama kemitraan yang harmonis dengan stakeholder dalam rangka mengimplementasikan link and match.
Memberdayakan dan mengembangkan seluruh potensi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemandirian sekolah.
Menerapkan suasana kerja dan belajar yang nyaman, menyenangkan dan kondisif serta berwawasan budaya mutu.
Memberdayakan dan mengembangkan sekolah berbudaya lingkungan.
Memberdayakan dan mengembangkan " School habit and work habit ". KURIKILUM MERDEKA
Saat ini SMKN 3 Kuningan sedang mengimplementasikan Kurikilum Merdeka. Yakni kurikilum yang memberi keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk lebih bisa meng "explore" baik dari sisi guru maupun dari sisi siswa untuk memberikan fleksibilitas sesuai kebutuhan siswa. Tidak memandang siswa itu sebagai kelompok, tapi juga sebagai individu yang berbeda-beda, tambah Lili.
Diakuinya ini tidak mudah dan program baru ini masih butuh sosialisasi.
Lili menegaskan lagi, secara pribadi dan kedinasan, saya ingin memberdayakan sekolah ini dibidang Pelayanan. Bagaimana baiknya suatu program, ujung-ujungnya adalah peningkatan pelayanan pada peserta didik.
Bagaimana caranya peserta didik ini kedepan tidak hanya baik angka-angka di ijazah atau sertifikat. Tidak hanya itu. Karena dilapangan kenyataannya yang lebih berperan adalah karakter siswa.
Siswa harus taat kepada guru. Disekolah ada hak dan kewajiban. Siswa harus paham dan harus berkomitmen kepada waktu dilingkungan sekolah.
Kalau disekolah,  kita semua harus berkomitmen. Baik para ASN (Aparatur Sipil Negara), para pegawai lainnya dan siswa harus berkomitmen karena semua ada tata tertibnya. Tata tertib adalah komitmen bersama untuk dilaksanakan secara nyata dan bertanggungjawab.
KOMPETENSI KEAHLIAN
SMKN 3 Kuningan memiliki 8 Kompetensi Keahlian yakni :
1. DPIB (Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan/Arsitektur.
Aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung, kontruksi jalan dan jembatan, estimasi biaya kontruksi dan utilitas gedung.
2. TKP (Teknik Kontruksi dan Perumahan).
Bisnis kontruksi dan properti/teknik sipil.
Yakni perencanaan bisnis kontruksi dan properti, pelaksanaan dan pengawasan kontruksi dan properti, estimasi biaya kontruksi dan properti, pengelolaan bisnis kontruksi dan properti.
3. TKL (Teknik Ketenagalistrikan)
Instalasi penerangan listrik, instalasi tenaga listrik, instalasi motor listrik, perbaikan peralatan listrik.
4. TOI (Teknik Otomasi Industri).
Kompetensi teknik otomasi industri meliputi : Piranti sensor dan aktuator, sistem kontrol elektro mekanik dan elektonik, sistem kontrol elektropneumatik, sistem kontrol terprogram.
5. TKR (Teknik Kendaraan Ringan).
Teknik kendaraan ringan otomatif. Pemeliharaan mesin, pemeliharaan sasis, pemeliharaan pemindah tenaga dan pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan.
6.TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor). Pemeliharaan mesin sepeda motor, pemeliharaan sasis sepeda motor, pemeliharaan listrik sepeda motor.
7. TAV (Teknik Audio Video).
Pemrogaman, mikro prosesor dan mikro kontroler, penerapan rangkaian elektronika, perencanaan dan instalasi sistem audio/video, penerapan sistem radio dan televisi, perawatan dan perbaikan peralatan audio dan video.
DKV (Desain Komunikasi Visual). Desain grafis percetakan, desain media interaktif, teknik animasi 2 D dan 3 D, teknik pengolahan audio dan video. (SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top