Indonesia English
Senin, 16 Juli 2018 |
Politik

Dua Kubu Paslon Pilgub Banten Gantungkan Nasib Pada MK

Minggu, 05 Maret 2017 19:45:28 wib - Komentar
Tb Hasanudin, Ketua Tim Pemenangan Rano - Embay.

SERANG,(Banten88.com): Dua kubu pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten menggantungkan nasibnya pada Mahkamah Konstitusi (MK).  Ketua Tim Pemenangan Rano Karno - Embay Mulya Syarief berharap MK akan menerima gugatan hasil Pilgub Banten, sedangkan kubu Wahidin Halim - Andika Hazrumy meminta agar MK menolak permohonan gugatan tersebut karena melebihi ambang batas selisih suara.

Tb Hasanudin, Ketua Tim Pemenangan Rano - Embay mengaku telah menyerahkan banyak bukti dan data terkait kecurangan Pilkada di Banten. "Data itu sudah kami serahkan ke MK, biar MK nanti yang menyampaikannya ke publik," kata Tb Hasanudin, kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Minggu (5/3).

Karena kuatnya data dan bukti tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR-RI yang akrab disapa Kang Hasan ini merasa optimis bahwa MK akan mengabulkan gugatannya tersebut.

"Optimis, karena yang kita permasalahkan bukan soal perbedaan suara 1 persen. Kita mempermasalahkan kinerja para penyelenggara pilkada dengan melakukan pembiaran terhadap adanya kejahatan pemilu seperti politik uang," tegasnya. 

Sementara itu, juru bicara paslon Wahidin Halim-Andika Hazrumy, Jazuli Abdillah kepada wartawan berharap Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan kubu Rano Karno - Embay Mulya Syarief.

"Karena MK telah memastikan tetap akan berpegang pada batasan selisih suara 0,5 persen sampai 2 persen sebagaimana diatur di dalam pasal 158 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada. Ini artinya gugatan kubu Rano pasti kandas karena kekalahan pasangan Rano-Embay berada diatas ambang batas 1 persen," kata Jazuli.

Berdasarkan data hasil pleno rekapitulasi terbuka KPU Banten, pasangan WH-Andikan memperolehan sebesar 2.411.213 suara atau 50,95 persen. Sedangkan pasangan calon paslon Rano-Embay memperoleh 2.321.323 suara atau 49,05 persen. Selisih perolehan suara antara keduanya hanya 1,90 persen atau sebesar 89.890 suara dengan total suara sah sebesar 4.732.536 suara dari seluruh Kabupaten dan Kota di Banten. (Okan).

KOMENTAR DISQUS :

Top