Indonesia English
Rabu, 20 Maret 2019 |
Pendidikan

Empati Bencana di Anyer, Pramuka SMAN 1 Bandung Salurkan Donasi

Kamis, 27 Desember 2018 10:09:58 wib - Komentar
Pramuka SMAN 1 Bandung Salurkan bantuan peduli stunami

Serang,(Banten88.Com):Banyak kejadian bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini merupakan fenomena alam yang tidak dihindari. Seperti yang belum lama ini terjadi di daerah, Anyer, Pandeglang dan Lampung. Umumnya kasus bencana alam terjadi karena kondisi alam yang tidak stabil dan selalu berubah-ubah. Dengan adanya bencana alam yang terjadi maka semakin banyak pula masyarakat yang menjadi korban dari bencana alam tersebut. Rasa kemanusian dan empati dari masyarakat kepada korban yang terdampak bencana sangat dibutuhkan. Hal inilah salah satu yang mendasari peserta didik SMA Negeri 1 Bandung mengadakan aksi penggalangan dana peduli korban bencana di Anyer dan Pandeglang. Donasi yang berhasil dikumpulkan kemudian disalurkan kepada yang berhak menerimanya melalui Posko Peduli Bencana. Hal tersebut dikatakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bandung, Istiadi, S.Pd didampingi Hariri, S.Pd kepada wartawan melalui WhatssApp pada Kamis (27/12).

Menurut Istiadi, empati yang ada dalam jiwa seseorang sangat penting untuk melakukan interaksi sosial antara sesama umat manusia, agar dapat menciptakan suasana kepedulian, ketentraman dan kenyamanan. Aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh peserta didik yang tergabung dalam gerakan Pramuka Gugus Depan SMA Negeri 1 Bandung tujuannya untuk meningkatkan empati dalam kehidupan peserta didik. Adanya sikap empati pada jiwa seseorang akan menimbulkan kedamaian di dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk itu sikap simpati dibutuhkan tingkat kematangan kepribadian tertentu.

“Kepedulian atau empati merupakan kata kunci dalam tahap akhir kecerdasan emosional karena untuk berempati kita harus mampu mengobservasi dan melibatkan banyak panca indera. Dua modal yang harus dimiliki seseorang agar memiliki empati adalah pengertian dan penerimaan sangat penting jika seseorang ingin menunjukan kepeduliannya,”kata Istiadi.

Sementara itu, Ketua aksi penggalangan dana, Kukuh Kurniawan didampingi Wakasek Kesiswaan, Rohman, S.Pd mengatakan Pramuka SMA Negeri 1 Bandung bekerjasama dengan Kwarraan kecamatan Bandung melalui unit protokol Kwarran Bandung dan DKR Bandung membuka posko penggalangan dana untuk korban di Anyer dan sekitarnya. Kegiatan penggalangan dana dimulai dari tanggal 24 sampai 27 Desember 2018.

Dari aksi pengalangan dana tersebut donasi terkumpul antara lain mie instan 5 dus, dua karung beras @ 25 Kilogram, 10 kaleng sarden, dua pak biskuit Roma Kelapa, dua pak biskuit Gabin, lima pak susu sashet, tiga pak teh celup, tiga kilo gula pasir, satu pak kopi susu, tiga pak energen, lima pak Sun, lima kardus air mineral botol, satu dus teh Rio, satu dus Ale-ale, dua toples sosis, empat pak Pempers, dua buah Odol, dua belas sikat gigi, sepuluh buah sabun mandi, tiga pak tolak angin cair, pakaian perempuan dewasa 23 karung, pakaian perempuan anak-anak tiga karung, kerudung satu karung, pakaian laki-laki dewasa dua karung, pakaian anak laki-laki dua karung, sarung dua karung dan pakaian campuran 10 karung.

Kukuh menyampaikan, donasi yang terkumpul akan didistribusikan  melalui Posko Pramuka Peduli dari tim Kwartir Cabang gerakan pramuka kabupaten Serang dan Posko bantuan Korem 064/MY.

 

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh kakak-kakak dan para donatur yang sudah memberikan bantuan doa dan donasinya. Semoga yang sudah memberi dapat di balas dan di gantikan dengan rizki yang lebih oleh Allah SWT dan mudah-mudahan barokah. Untuk membantu saudara kita yang ada di anyer dan sekitarnya,”pungkasnya. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top