Indonesia English
Selasa, 27 Juli 2021 |
Pendidikan

Forsitas Kibin Informasikan Pelaksanaan Verval Dapodik

Senin, 24 Mei 2021 10:45:50 wib - Komentar
Forum Silaturahmi Tenaga Administrasi Sekolah (Forsitas) kecamatan Kibin.

SERANG (BANTEN88.COM): Forum Silaturahmi Tenaga Administrasi Sekolah dasar (Forsitas) kecamatan Kibin menggelar pertemuan, diikuti 23 Tenaga Administrasi sekolah, bertempat di ruang kelas SDN Cijeruk, Kibin, Senin (24/5).

Ketua Forsitas Kecamatan Kibin, Kiki Rizki Yuliani, S.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut zoom meeting secara virtual dari LPMP Banten terkait dengan verifikasi dan validasi data pokok peserta didik (Dapodik) pada 22-23 April 2021lalu. "Tujuannya untuk memahami pelaksanaan verifikasi data dapodik tahun 2021, melakukan verifikasi dan validasi data secara akurat, berkelanjutan dan mutahir,"kata Kiki kepada wartawan, di sela-sela kegiatan.

Kiki menuturkan variabel yang mempengaruhi dapodik antara lain manusia (operator entri data) dengan petunjuk pelaksanaannya Standar Operasional Prosedur (SOP), proses bisnis mengatur pengisian dan pengelolaan data juga aplikasi."Interpretasi data, yakni cara mengolah data yang tidak benar menghasilkan informasi yang salah,"tutur Kiki.

Definisi verifikasi dapodik, sambung Kiki, yakni pengecekan, pengawasan dan intervensi dapodik agar data tersebut dapat dipakai oleh para pemangku kepentingan. "Tujuan verval pengecekan kualitas, pengawasan kualitas intervensi data,"kata Kiki.

Agar diperoleh dapodik yang berkualitas, kata Kiki, dan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan maka perlu instrumen perencanaan akurat, mutahir dan berkelanjutan. Akurat, jika pengisian benar dan wajar seperti identitas sekolah, Guru tenaga kependidikan (GTK), peserta didik, rombel dan Sapras. Mutakhir, jika pada data Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di dapodik, peserta didik, rombel dan Sapras. Sedangkan berkelanjutan, data yang diisi sekolah memiliki sifat berkelanjutan dan diperbaharui rutin setiap semester. "Intinya untuk meningkatkan kualitas rapor mutu dapodik, karena mulai tahun ini PMP sudah ditiadakan dan satu-satunya sumber data hanya dapodik,"jelasnya.

Di tempat yang sama, tenaga administrasi sekolah dari SDN Nagara, M. Tohir, didampingi M Yusuf (Tas SDN Kadingding) dan Heriyanto (Tas SDN Kibin) mengaku siap menindaklanjuti dengan mengimplementasikan di sekolahnya masing-masing. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top