Indonesia English
Selasa, 06 Desember 2022 |
Hukum dan Kriminal

Foto Bugil Mahasiswi IAIN SMHB Diunggah Mantan Pacar

Kamis, 19 November 2015 17:43:29 wib - Komentar
Ilustrasi f

Serang, (Banten88.com) – Dunia pendidikan kembali tercoreng. Beredarnya foto bugil seorang wanita yang diduga merupakan mahasiswi semester I, IAIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten, di akun grup Facebook IAIN SMH Banten Community, Selasa (17/11) menghebohkan pengguna jejaring social yang seakan tidak percaya melihat foto tersebut.

Dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, mahasiswi yang berfoto bugil dalam dua pose tersebut berinisial PFO, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syaria. Pengunggah foto bugil diketahui berinisial AK. Diduga, AK merupakan mantan kekasih PFO yang sudah lama diputus oleh korban. Tidak terima atas sikap mantannya itu, AK lantas menyebar foto bugil mantan kekasihnya itu di akun Facebook miliknya. AK mengunggah foto tersebut pada Selasa (17/11) pukul 10.00 pagi.

AK yang sengaja menyebar foto bugil milik PFO itu berharap, korban di drop out (DO) oleh kampusnya, karena dengan tersebar luasnya foto bugil korban telah mencoreng nama baik kampus tersebut. Terlebih, PFO tercatat sebagai salah satu mahasiswi di perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Banten.

Sejumlah anggota grup menyayangkan foto bugil itu bisa diunggah di grup IAIN. “Sebaiknya dihapus foto yang tidak layak di posting di komunitas IAIN. Alangkah baiknya tidak ikut campur masalah pribadi orang lain, sudah ada yang mengurusi masalahnya. Tidak perlu mengintimidasinya,” kata Atika Ika, seorang anggota grup Facebook IAIN SMH Banten Community.

Dosen IAIN SMH Banten Ade Jaya Suryani mengatakan, sudah menyampaikan informasi ini ke rektorat. “Harapan saya kampus jangan diam melihat kasus ini. Orang bugil memang urusan pribadi, tetapi ketika foto bugil itu dimasukan ke ruang publik ini menjadi urusan publik.

Karena ruang publik itu grup IAIN, seharusnya kampus mengambil tindakan dengan cara melaporkan ke polisi. Biar polisi yang menyelidiki. “Saya yakin mudah bagi polisi untuk menangkap pengunggah foto itu. Dari banyaknya komentar pengunggah, tampak bahwa pengunggah memang menantang,” ujar Ade.

Ade berharap si korban tidak diam, dan aktif melaporkan peristiwa tersebut kepada petugas kepolisian. “Ini penting, harus juga melaporkan kasus ini ke polisi.Lebih jauh, ini pelajaran bagi setiap kita untuk menjaga foto-foto pribadi. Setelah material tertentu masuk ke internet, tidak ada dari kita yang bisa menahan penyebarannya,” terangnya.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Ermayadi kepada wartawan mengatakan, Polda Banten siap melakukan penyelidikan tehadap kasus tersebut jika PFO melaporkan kejadian ini kepada penyidik Polda Banten. “Ini kan menyangkut Undang-undang Pornografi, dan UU IT, jadi kasus ini akan diselidiki oleh Cyber Crime Direskrimsus Polda Banten,” kata rmayadi, Kamis (19/11).

Dikatakan Ermayadi, dia berharap pihak kampus maupun PFO segera melaporkan kasusnya tersebut sehingga terungkap siapa pelaku yang menyebarkan foto bugil. “Itu yang diharapkan kita ingin korban atau pihak kampus melaporkan kasus ini agar kita dapat menindaklanjuti siapa saja yang terlibat dan membantu menyebarkan foto itu,” ujarnya.

Wakil Rektor Bagian Kemahasiswaan IAIN SMH Banten, Suadi Saad, membenarkan bahwa PFO merupakan mahasiswi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam jurusan Perbankan Syariah. Pihak kampus telah melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan. Hal ini menyusul setelah pihak rektorat melakukan investigasi terhadap pemilik akun yang sempat menggegerkan netizen di Banten.

“Benar tadi pagi sudah kita panggil yang bersangkutan, memang benar dia mahasiswa IAIN,” kata Suadi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (18/11).

Lebih lanjut Suadi menyampaikan, pihak kampus sudah melakukan pemanggilan terhadap PFO untuk dimintai keterangan terkait tersebarnya foto selfie setengah badan tanpa menggunakan pakaian. Saat diintrogasi oleh pihak rektorat, PFO mengakui membenarkan foto yang tersebar oleh akun facebook Azzahra Khoirunissa ke grup Facebook IAIN SMH BANTEN COMMUNITY merupakan foto dirinya.

“Dia (PFO) sudah mengakui semuanya, dia memang membenarkan itu fotonya. Tapi bukan dia yang mengunggahnya melainkan ada pihak lain yang mengunggah,” katanya.

Dikatakan Suadi, dari hasil intrograsi yang dilakukan, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan siapa yang menyebarkan foto tersebut, kata dia akun facebook Azzahra Khoirunnisa palsu dan bukan milik PFO. “Tadi kita sarankan kalau orang lain, kita serahkan kepada dia (PFO) untuk melaporkannya ke pihak berwajib,” ujarnya. (Dang)

KOMENTAR DISQUS :

Top