Indonesia English
Senin, 25 Maret 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

Gandeng Polda, Disperindag Banten Lakukan Pengawasan SPBU

Kamis, 30 Juni 2016 20:54:22 wib - Komentar
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten dalam hal ini Bidang Perdagangan Dalam Negeri dan Balai Pengelola Laboraturium Metrologi (BPLM) didampingi Ditreskrimsus Polda Banten melakukan kegiatan pengawasan SPBU.

SERANG,Banten88.com):  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten dalam hal ini Bidang Perdagangan Dalam Negeri dan Balai Pengelola Laboraturium Metrologi (BPLM) yang didampingi Ditreskrimsus Polda Banten  melakukan kegiatan pengawasan terhadap SPBU yang biasa digunakan masyarakat sebagai jalur mudik di Provinsi Banten.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperdindag) Provinsi Banten  Wahyu Wardhana mengatakan, pengawasan ini dilakukan guna memastikan keakuratan takaran terhadap Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) pada SPBU sehingga tidak ada kerugian yang dialami konsumen.

“Pengawasan ini merupakan bagian dari upaya memberikan perlindungan konsumen secara preventif kepada masyarakat,” katanya.

Wahyu mengatakan, berdasarkan pengujian pada SPBU yang dijadikan sampling pengujian diperoleh hasil bahwa ketepatan, keakuratan takaran pada UTTP di SPBU di beberapa wilayah di Banten masih dalam toleransi yang berarti dalam kondisi baik.  Kondisi ini diharapkan dapat senantiasa dipertahankan agar konsumen dapat memperoleh hak nya sesuai dengan yang dibayarkan dalam transaksi. 

“Monitoring ini dilakukan dalam rangka menjamin dipenuhinya hak konsumen dalam bertransaksi, sehingga adanya peran aktif dari semua pihak,” papar Wahyu..

Ia menegaskan, hasil dari tera ulang akan dijadikan sebagai dasar dalam menjamin konsumen. Apabila ditemukan ada SPBU yang pengukur liternya sudah rusak atau disengaja, maka wajib langsung diperbaiki.

Selain pengecekan terhadap takaran, pihaknya pun mengecek alat adjuster yang befungsi untuk mengatur jumlah BBM yang keluar dapat berbanding dengan angka yang keluar dari display dispenser, apakah tepat atau tidak. Juga pengecekan terhadap segel dan label tera di dispenser apakah dispenser tersebut masih layak digunakan atau harus dilakukan tera ulang. Sifat dari kegiatan ini masih dalam bentuk pembinaan namun upaya penegakan hukum dapat dilakukan apabila dilapangan ditemukan hal yang mengandung unsur pidana.(ERN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top