Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Nasional - Hukum dan Kriminal

Gayus Tambunan Masih Banyak Duit, Bisa Makan Diluar Penjara

Selasa, 22 September 2015 21:33:09 wib - Komentar
Gayus Tambunan.

Jakarta, (Banten88.com) - Akibat ulahnya melakukan pelanggaran SOP ke luar Lapas, Gayus Tambunan dijebloskan ke Lapas maksimum security Gunung Sindur. Penjagaan juga diawasi oleh TNI dan Polri. Lapas itu khusus untuk napi narkotika kelas kakap. "Di situ lengkap jammer (pengacak sinyal) kemudian ada tiga ring, ring satu oleh pegawai kita, dua oleh polisi, ring tiga oleh TNI," ujar Kabiro Humas Sekjen Kemenkuham Ansarudin di Kantor Ditjen Pemasyarakatan, Jalan Veteran Jakarta Pusat, seperti dikutip detik.com Selasa (22/9).

Meski sejauh ini proses pengawasan oleh TNI masih dalam proses. Ansarudin mengatakan pihaknya telah ada MoU dengan TNI. "Di situ karena disitu tempatnya bandar narkoba, jadi di situ harus ada maksimum security kemudian narkoba ini di Rutan biasa pasti keluar. Oleh itu kita sudah lakukan MoU TNI Polri untuk bantu kami," paparnya.

Ansarudin mengatakan di lapas narkotika Gunung Sindur, Gayus satu-satunya tahanan korupsi dari ratusan terpidana narkotika. "Ya. Sementara ini seperti itu kita kucilkan dia di dalam strap sel. Sampai kapannya kita lihat nanti kalau nggak pindahkan permintaan ke Nusakambangan kalau Pak menteri minta seperti itu. Cuma masslah kondisi di sana sedang direhab (maksimum security nusakambangan) bahkan menjadi sulit kita," paparnya.

Ia juga memastikan kalau di Lapas tersebut, Gayus tidak dapat berulah kembali. Pasalnya selama proses isolasi ia tidak dapat hak untuk dibesuk selain pengacaranya. "Iya itu kita hilangkan. Ya sudah jelas kalau sudah di dalam kondisi isolaasi namanya juga isolasi itu sudah pasti tidak bisa keluar," tandasnya.

Direktur Informasi dan Komunikasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Aman Riadi, mengatakan, foto terpidana kasus korupsi Gayus Tambunan yang tengah berada di restoran merupakan jepretan seorang polisi. Polisi tersebut adalah personel yang mengawal Gayus seusai menghadiri sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Utara.

"Menurut pemeriksaan, yang moto (memfoto) petugas kepolisian pengawal Gayus," kata Aman di Kantor Ditjen PAS, Jakarta Pusat,  dikutip Kompas.com, Selasa (22/9).

Gayus makan di restoran setelah diizinkan menghadiri sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Utara. Adapun restoran tersebut terletak di Jakarta Selatan. Saat menghadiri sidang perceraian, Gayus dikawal oleh seorang polisi dan dua petugas lapas.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Akbar Hadi mengatakan, tim Direktorat Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Kemenkumham telah memeriksa Gayus Tambunan.

Akbar mengatakan, Gayus mengakui bahwa foto yang beredar di media sosial benar adanya. Gayus memang makan di restoran di luar tahanan. Namun, kata Akbar, dalam pemeriksaan tersebut, Gayus mengaku tidak mengenali dua wanita yang berfoto bersama dia.

Selain itu, Gayus juga membantah menggunakan ponsel selama berada di restoran tersebut. Akibat ulahnya, Gayus diisolasi di Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lapas Gunung Sindur memiliki empat blok dengan kapasitas 1.308 penghuni dan saat ini diisi oleh 465 terpidana dengan pengamanan maksimum. (Dang)

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top