Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Seputar Banten

Dinsos Banten Gelar Hari Lanjut Usia Nasional

Kamis, 26 Mei 2016 19:31:18 wib - Komentar

Serang,(Banten88.com):Dinas Sosial Provinsi Banten  menggelar acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kantor Dinas Sosial Provinsi Banten, Kota Serang, Rabu (26/5). Kegiatan tersebut diperuntukan untuk menghargai peran para lanjut usia di Banten. Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Banten Ino S Rawita kepada sejumlah wartawan di Serang.

Ino memaparkan walaupun para lanjut usia lemah dari segi fisik, namun partisipasi para lansia masih dibutuhkan dari segi pemikiran dan gagasannya.  “Acara ini bertujuan untuk membuat para lansia bahagia dan menghargai peran mereka di Banten, fisik boleh loya tapi pemikiran masih produktif,” paparnya. 

Selain itu, sebagai leading sektor perlindungan dan pemberdayaan lanjut usia, Dinas Sosial Provinsi Banten senantiasa mendorong terwujudnya kesadaran para lanjut usia, keluarga dan masyarakat akan arti pentingnya suasana lanjut usia bahagia dan terpenuhinya hak-hak para lanjut usia serta meningkatkan kesejahteraan dan memanfaatkan kapasitas sesuai potensinya. 

Perhatian pemerintah pusat terhadap lansia juga begitu besar. Sejak tahun 2012, sebanyak 1.250 lansia di Provinsi Banten mendapat bantuan Program Asistensi Sosial Lanjut Usia (Aslut) Jaminan Sosial Lanjut Usia sebesar Rp. 200 ribu/ bulan.  Sementara itu, sejak 2013 lalu, bagi lanjut usia yang masih produktif diberikan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) masing-masing sebesar Rp 1.5 juta perorang untuk 100 lansia di Banten.  Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan Asistensi Sosial Melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (As-Lks Lu) kepada 11 panti lanjut usia di Banten.(OKAN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top