Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Pendidikan

Gramedia Terbitkan Buku Autobiografi Rano Karno 'Si Doel'

Senin, 03 Oktober 2016 10:33:56 wib - Komentar
Peluncuran buku autobiografi berjudul Rano Karno Si Doel yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama.

JAKARTA,(Banten88.com): Perjalanan hidup Rano Karno akhirnya bisa dinikmati dalam sebuaah buku autobiografi berjudul Rano Karno Si Doel yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama. Buku setebal 202 halaman tersebut menampilkan sejarah perjalanan seorang Rano Karno dari mulai masa kanan-kanak hingga ia menjadi pejabat sebagai seorang gubernur.

Mulai dari masa-masa sulit seorang Rano Karno kecil sebagai anak aktor sekaligus Seniman Senen, Sukarno M. Noor, perjalanan sebagai bintang film era 80-an, sebagai ikon Si Doel Anak Sekolahan, hingga saat ini sebagai Gubernur Banten tertuang di dalam buku ini.

Rano sendiri mengaku sempat merasa tidak percaya diri untuk menulis sebuah buku. Namun dukungan dari komunitas baca di Banten seperti Rumah Dunia, dan taman baca masyarakat (TBM) yang ada di Banten membuatnya yakin untuk menulis buku autobiografi.

“Mereka bilang ke saya, Bang kalau Abang bikin buku taman bacaan kita akan rame,” kata Rano Karno usai acara peluncuran buku di Indonesia International Book Fair, Senayan, Jakarta, Minggu (2/10/2016).

Rano sendiri mengaku tidak pernah berpikir untuk menulis perjalan hidupnya. “Saya berpikir (auto) biografi ditulis setelah orangnya menginggal. Tapi Gol A Gong meyakinkan akan lebih punya makna ketika penulisnya masih hidup,” katanya.

Dirinya tidak menampik bahwa di Banten masih banyak angka buta aksara. Dari data yang dihimpun, angka buta aksara di Provinsi Banten mencapai 51.000 penduduk. Sebelumnya, pada tahun 2010 angka tersebut mencapai 290.000 lebih penduduk Banten masih dalam kondisi buta aksara.

“Saya berharap dengan adanya buku ini minat baca di masyarakat terus naik, karena bagaimana pun membaca ini menjadi triger untuk pemberantasan buta aksara,” harapnya.

Dalam diskusi buku Rano Karno Si Doel ini hadir Eddy D. Iskandar (novelis Gita Cinta di SMA) dan aktris senior Yessi Gusman.(YAN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top