Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Nasional

GUBERNUR IPDN ERMAYA SURADINATA : MINAT KULIAH DI IPDN SANGAT TINGGI

Sabtu, 03 November 2018 20:55:58 wib - Komentar
GUBERNUR IPDN Prof.Dr.Drs.H.Ermaya Suradinata, SH, MH, MS.

BANDUNG (Banten88.com) : MINAT kuliah di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) masih sangat tinggi.  Hal itu terungkap dari penegasan Gubernur IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Ermaya Suradinata SH, MH, MS saat pelantikan 1.994 Muda Praja atau mahasiswa mahasiswi baru Angkatan XXIX tahun 2018 pada Jumat (2/11/2018 di kampus pusat IPDN dikawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Gubernur IPDN yang dilantik pada 7 Agustus 2015 itu menambahkan,  seluruh Muda Praja yang dilantik adalah putra putri terbaik bangsa dan merupakan perwakilan setiap provinsi yang telah mengikuti test secara online.

Pendaftaran dilakukan secara langsung dan terpusat di portal Kementerian Pemberdayaan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), urai Prof. Ermaya yang putra asli Subang, Jawa Barat dengan detail. Tahun 2018 ini, masih tutur Gubernur IPDN lebih lanjut, terdapat 44.485 pendaftar yang berminat melanjutkan pendidikan ke IPDN.

Sedang yang memenuhi persyaratan jumlahnya 39.000 orang. Mereka selanjutnya mengikuti tahapan seleksi berdasarkan peraturan Kementerian Dalam Negeri. Namun pada akhirnya yang lolos dalam tahapan test terakhir hanya 1.994 orang. Ermaya juga menyatakan, sebelum Muda Praja dilantik, terlebih dahulu telah mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

Mereka diharapkan menjadi pelopor revolusi mental dan memahami Nawacita. Karena pada 15 Juni 2015, Presiden Joko Widodo telah menetapkan bahwa kampus IPDN sebagai Kampus Penggerak Revolusi Mental. Demikian Gubernur IPDN Ermaya Suradinata.

PEREKAT PERSATUAN BANGSA

Pelantikan Muda Praja IPDN tahun  2018 ini dipimpin langsung Wapres Jusuf Kalla didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo dan Gubernur IPDN Ermaya Suradinata   dihadiri Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. Sementara itu Wakil Walikota Jakarta Selatan Arifin bertindak sebagai Perwira Upacara. Sedangkan Komandan Upacara adalah Sekretaris Kota Binjai  Sumut, M. Mahfullah P Daulay. Seorang Muda Praja asal Provinsi Jawa Barat, Arie Permana Aji  dan Betrix Fernandez dari NTT mewakili Muda Praja untuk menerima penyematan pangkat.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, para Muda Praja IPDN selanjutnya akan menempuh  pendidikan selama 4 tahun di kampus pusat dan daerah untuk menyiapkan diri menjadi aparatur  pemerintah yang akan mengabdi sebagai salah satu komponen penyelenggara pemerintahan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia. Demikian ungkap Mendagri Tjahjo Kumolo.

ERMAYA ASLI " URANG SUNDA "

Pelantikan Muda Praja tahun akademik 2018 juga dimeriahkan  pertunjukan kesenian yang dimainkan para praja. Antara lain Rampak Gendang, Seni Karawitan, Tari Kolosal Nusantara, Tarian Papua dll nya. Praja IPDN memang dikenal piawai memainkan seni dari provinsi masing - masing.

H. Ermaya Suradinata adalah Rektor  IPDN asli putra Jawa Barat. Rektor sebelumnya adalah Dr.H Suhajar Diantoro putra Kepri dan Prof.Dr.H. I.Nyoman Sumaryadi putra Bali. Penunjukan Ermaya sebagai Gubernur IPDN sangat membanggakan " Urang Sunda " karena sejak era APDN, STPDN dan IPDN yang kampusnya di Jawa Barat, baru kali ini pimpinan IPDN dijabat putra asli Jawa Barat.

Sekaligus hal ini menunjukan, jika putra Jabar diberi kesempatan memimpin dalam kepemimpinan skala nasional, akan sama hebatnya dengan putra daerah lain di Indonesia. Dan Ermaya Suradinta sudah membuktikan itu.  3 tahun ia memimpin IPDN suasana kampus sangat kondusif.

STPDN & IIP JAKARTA DIGABUNG

Presiden SBY pada sidang kabinet 10 Oktober 2007 telah memutuskan untuk menggabungkan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri

(STPDN) dan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta menjadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri(IPDN) dengan kampus pusat di Jl. Ir. Soekarno Km 20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

IPDN memiliki kampus mega luas.

Luas ruang kuliah mencapai 8.820 M2 terdiri 64 ruangan. Terdapat Perpustakaan yang nyaman jauh dari kebisingan dengan 1947 judul buku. Dilengkapi Lab terpadu untuk computer, bahasa dan bidang pemerintahan serta ruangan memadai untuk bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dibelakang kampus terdapat Hutan Nusantara yang mega luas, eloknya  berisi berbagai jenis tanaman dari seluruh Indonesia. (SS)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top