Indonesia English
Sabtu, 28 November 2020 |
Peristiwa

Guna Antisipasi Kontijensi Dan Bencana, Forkompinda Kota Serang Gelar Apel Kesiapsiagaan

Senin, 26 Oktober 2020 18:58:35 wib - Komentar
olres Serang Kota bersama Kodim 0602/Serang dan Pemerintah Daerah Kota Serang menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Kontijensi dan Bencana bertempat dihalaman Pemerintah Daerah Kota Serang. Senin (26/10/2020).

Kota Serang,(Banten88.com): Mengantisipasi Kontijensi dan bencana pada musim penghujan tahun 2020, Polres Serang Kota bersama Kodim 0602/Serang dan Pemerintah Daerah Kota Serang menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Kontijensi dan Bencana bertempat dihalaman Pemerintah Daerah Kota Serang. Senin (26/10/2020).

Apel dipimpin Walikota Serang H. Safrudin, S.Sos., M.Si., dihadiri Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Soehardono, Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., beserta jajaran Forkopimda. Sedangkan peserta apel diikuti personel Polres Serang Kota, personel Kodim 0602/Serang, Satpol PP, BPBD, Dishub, Dinkes, Damkar Kota Serang.

Dalam amanatnya, Walikota Serang H. Safrudin, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama semua warga negara dan semua fungsi harus ikut berperan.

"Apel kesiapsiagaan bencana digelar bertujuan untuk membentuk satuan tugas bersama TNI-Polri dan Instansi terkait Pemkot Serang, untuk penyelamatan terhadap korban bencana dan melakukan langkah-langkah siaga darurat, tanggap darurat bencana dan pasca bencana,"tutur Walikota.

Perlu dicermati bersama terdapat berbagai potensi kerawanan dalam berbagai keragaman sosial saat ini dan pengaruh penomena alam yang memerlukan perhatian serius kita semua untuk diatensi dan diantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata dan dapat mengganggu atau menghambat tata pemerintahan, ekonomi, sosial dan budaya.

"Oleh karena itu dalam rangka menjamin program pemerintah stabilitas kamtibmas, ekosisitem dan keseimbangan alam diwilayah Kota Serang mengedepankan kegiatan sosialisasi kembangkan kepedulian dan berbagai upaya, agar terus meningkatkan kemampuan personel, kelengkapan program dan kedinasan yang memadai dalam menghadapi berbagi potensi ancaman yang terjadi saat situasi kontijensi bencana,"jelas Walikota.

Selain itu juga sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan dalam penanganan bencana, pelibatan TNI/Polri secara aktif dalam upaya membantu penanganan bencana dan melakukan pengamanan terhadap daerah bencana pengungsian terhadap gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Masih dalam sambutannya, pada kesempatan apel kesiapsiagaan ini ada beberapa pesan yang disampaikan Walikota sebagai pedoman untuk dilaksanakan diantaranya meliputi:

1. Tingkatkan dan kuatkan Iman dan Taqwa sebagai landasan dalam tugas pengabdian.

2. Siapkan fisik dan mental berazaskan komitmen moral, integritas dan disiplin kerja yang tinggi sehingga dapat menampilkan jati diri sebagai sosok penolong, sahabat, pelayanan serta aparatur yang jujur, benar, adil, transparan dan akuntabel.

3. Petakan setiap potensi kerawanan konflik sosial dan cuaca atau penomena alam. Lakukan deteksi dini serta tingkatkan kewaspadaan dengan mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki sehingga setiap permasalahan dapat diantisipasi.

4. Perkokoh kerjasama yang harmonis dan sinergitas, proaktif serta tingkatkan peran aktif segenap komponen masyarakat guna mewujudkan pembangunan Kamtibmas yang kondusif dan Akuntabel publik.

5. Berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas serta pedomani aturan dan SOP yang berlaku untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas.

6. Lakukan pengawasan dan pengendalian secara berjenjang terhadap pelaksanaan operasi dan kinerja untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

"Mari kita jadikan apel kesiapsiagaan penanganan kontijensi bencana tahun 2020 ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana di wilayah Kota Serang," pungkas Walikota mengakhiri sambutannya.

Usai apel acara dilanjutkan dengan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka menghadapi kontijensi dan bencana diwilayah Kota Serang. (sumber TP/HUMAS).

KOMENTAR DISQUS :

Top