Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Peristiwa

GURU PAUD CILEULEUY HARAP HARAP CEMAS MENANTI UANG INSENTIF

Kamis, 09 Agustus 2018 20:15:46 wib - Komentar
Desa Cileuleuy.

 

KUNINGAN, (Banten88.com): SUDAH cukup lama Banten88.com mengamati tugas dan tanggung jawab pendidik mulia para guru Pendidikan Usia Dini (PAUD) utamanya di Kabupaten Kuningan,  Jawa Barat. Para guru PAUD hari Senin sampai Sabtu harus bangun pagi memandikan putra - putri dan menyiapkan keperluan sekolah. Setelah itu menyediakan sarapan untuk keluarga.

Bersamaan dengan suami berangkat kerja, para guru PAUD ini menstater motor menuju sekolah. Jika dihitung secara ekonomi, minimal sehari ia harus mengeluarkan uang bensin dan jajan sekitar Rp.25.000,- . Guru PAUD layak memperoleh gelar  " Pahlawan Sepanjang Masa ". Gelar ini layak disematkan atas dedikasi, loyalitas dan pengorbanannya untuk mencerdaskan tunas bangsa tanpa mengenal kata menyerah meski dalam fasilitas minim.

MENANTI UANG INSENTIF

Diperkirakan ada 15 guru di 3 sekolah PAUD di desa Cileuleuy, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jabar yang saat ini sedang menanti datangnya uang insentif dari Pemdes Cileuleuy besarnya Rp 1,2 juta per tahun. Dibanding perjuangan para pahlawan sepanjang masa ini, uang Rp.1,2 juta per tahun atau hanya Rp.100. Ribu per bulan tentu tidak sebanding dengan jerih payah para guru tersebut.

Namun mereka tetap bersyukur karena ada uang insentif bantuan dari Pemdes Cileuleuy. Sementara itu Kades Cileuleuy Nendi Suhendi ketika dikonfirmasi media cyber Banten88.com dengan pertanyaan : Kenapa Dana Desa tahun 2018 sudah turun tapi uang insentif untuk para guru Paud tak kunjung dibagikan?. Nendi menjelaskan bahwa desa Cileuleuy mempeoleh dana desa sebesar Tujuhratus lima puluh juta empat puluh satu ribu rupiah yang cair dalam 3 termyn. Yakni bulan April, Agustus dan September.

Khusus untuk uang insentif para guru Paud, akan kami berikan ketika uang dana desa cair pada termyn ketiga yakni September 2018, papar Nendi Suhendi. Sementara itu ditengah era tertib administrasi pemdes seluruh Indonesia, Pemdes CIleuleuy dalam memberikan uang

Insentif untuk para guru Paud juga harus tertib administrasi. Termasuk mendata kembali seluruh guru Paud yang aktif sehingga pemberian uang insentif benar - benar tepat sasaran. Sedangkan dari Bidang Paud Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan (Kamis 9/8/2018) media cyber Banten88.com memperoleh penjelasan saat ini terdapat 40 Paud di Kabupaten Kuningan.

Namun karena Kabid yang membidangi paud, Elon Charlan tidak berada di kantor, pertanyaan - pertanyaan seputar Paud yang diajukan media cyber Banten88.com belum bisa terjawab tuntas. Pertanyaan itu antara lain apakah pemilik paud harus punya garansi bank agar sekolah yang dibuka nanti benar - benar mampu mandiri dan tidak semata - mata  mengandalkan bantuan pemerintah atau iuran siswa?. (SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top