Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Pendidikan

H. Dhumyati : Prioritas Tingkatkan Kompetensi Pengawas

Rabu, 07 November 2018 10:32:33 wib - Komentar
Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah Dasar Kabupaten Serang, H. Dhumyati dalam sebuah kegiatan.

Serang,(Banten88.com): Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah Dasar Kabupaten Serang, H. Dhumyati, S.Pd, MM mengatakan dalam mewujudkan sisten kepengawasan pendidikan yang mampu mendorong penyelenggaraan pendidikan yang profesional dan bermutu perlu dirumuskan program prioritas yang tertuang dalam visi dan misi. Untuk mencapainya maka perlu strategi pengawasan.

“Pengawasan yang bermutu dengan meningkatkan sistem dan standarisasi kepengawasan secara efektif dan efisien yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dasar. Meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah binaan sesuai dengan Iptek dan Imtaq,”kata H. Dhumyati kepada wartawan, Rabu (7/11).

Menurut H. Dhumyati, untuk mencapai visi dan misi pengawasan tersebut, maka strategi yang dilaksanakan adalah meningkatkan sumber daya pengawas sekolah melalui workshop pemberdayaan, rakor pengawas, studi banding, temu ilmiah dan kegiatan yang dapat menjadikan pengawas mampu meningkatkan kepengawasannya.

H.Dhumyati menerangkan, melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan penjaminan mutu pengawas yang mampu mengimplementasikan enam dimensi kompetensi pengawas yakni kompetensi kepribadian ada empat kompetensi, kompetensi Supervisi Manajerial ada delapan kompetensi, kompetensi Supervisi Akademik ada delapan kompetensi, kompetensi penilaian pendidikan ada enam kompetensi, kompetensi penelitian dan pengembangan  ada delapan kompetensi, dan kompetensi sosial meliputi dua kompetensi.

“Program prioritasnya peningkatan kompetensi pengawas melalui kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek). Pada Sabtu (3/11) lalu kita adakan sosialisasi instrumen kinerja sekolah yang baru, tahun 2018, di aula Dindikbud Kabupaten Serang. Pesertanya Koordinator pengawas setiap kecamatan,”terangnya.

Setelah semester kedua mendatang, kata H. Dhumyati, akan melaksanakan bimtek Kurikulum 2013, kegiatan penguatan pendidikan karakter, sosialisasi penilaian kinerja guru, peningkatakan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi dan kegiatan lainnya.

Salah satu pengawas, Tanthowi, S.Pd mengatakan, sebagai pengawas pembina di lingkup Dindikbud Kecamatan Carenang sedang melaksanakan kegiatan supervisi akademik dan manajerial sesuai dengan wilayah binaan pengawas sehingga mampu meningkatkan adanya penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top