Indonesia English
Jumat, 19 Oktober 2018 |
Pendidikan

H Sarjudin : UN Tingkat SMP di Kabupaten Serang Terpantau Lancar

Kamis, 26 April 2018 14:43:38 wib - Komentar
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, H Sarjudin, M.Pd di ruang kerjanya. (Foto:Murjiman).

Serang,(Banten88.com): Penyelenggaraan Ujian Nasional ,tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Serang, digelar secara serentak terpantau lancar. Jumlah lembaga pendidikan SMP yang ada di kabupaten Serang sebanyak 192 sekolah yakni 100 SMP Swasta dan 92 SMP Negeri.

Dalam pelaksanaan Ujian Nasional, sistem yang diterapkan ada yang berbasis kertas dan pensil (UNKP) dan ada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian Nasional, tahun pelajaran 2017/2018, dimulai dari Senin (23/4/2018) sampai Kamis (26/4/2018), dengan 4 mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Untuk SMP yang melaksanakan UNBK sebanyak 63 sekolah dan sisanya menggunakan UNKP. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, H Sarjudin, M.Pd kepada wartawan, di ruang kerjanya, belum lama ini.

H Sarjudin mengungkapkan, untuk pendistribusian naskah soal dari Provinsi pada Jum’at (20/4/2018) lalu, langsung pada hari yang sama, dikirim ke 5 rayon yang ada di kabupaten Serang. Rayon 1 di kecamatan Waringin Kurung, rayon 2 di kecamatan Ciruas, rayon 3 di kecamatan Pabuaran, rayon 4 di kecamatan Kibin dan rayon 5 di kecamatan Petir.

“Pelaksanaan UNBK berlangsung lancar. Memang sih pada hari pertama ada sedikit kendala yakni server down jadi koneksinya off line tetapi hanya sekitar satu jam sudah normal kembali,”ungkapnya.

H Sarjudin mengambahkan, pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan pensil tidak ada kendala di lapangan. Namun jika dilihat dari sisi keunggulan, penerapan UNBK lebih unggul yakni hasilnya dijamin keasliannya atau murni, kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan UNKP.

Di Kabupaten Serang ini, lanjut H Sarjudin, masih banyak SMP yang belum dapat melaksanakan UNBK kendalanya cukup banyak dilihat dari kurangnya ketersediaan sarana prasarana gedung, komputer dan sumber daya manusianya yang masih kurang. 

“Untuk target ke depan, penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat SMP agar secepatnya bisa dilaksanakan. Namun ini tergantung juga pada dukungan dari Pemerintah Daerah, pemerintah Provinsi maupun pusat,”paparnya.

Terkait dengan target , sambung H Sarjudin, tahun ini nilainya diharapkan bisa lebih baik dari tahun kemarin, begitu juga dengan target kelulusan. ( Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top