Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Nasional - Politik

Hakim PTUN Kabulkan Gugatan Ical

Senin, 18 Mei 2015 16:39:36 wib - Komentar

Jakarta, (Banten88.com) Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta kembali menggelar Sidang gugatan DPP Partai Golkar Munas Bali yang  dimotori Aburizal Bakrie terhadap SK Menkumham yang mengesahkan DPP Munas Ancol versi Agung Laksono, dengan materi pembacaan putusan terhadap perkara tersebut.

Setelah melalui perjalanan panjang, Majelis hakim dalam putusannya mengabulkan gugatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Munas Bali pimpinan Aburizal Bakrie (Ical). "Membatalkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang perubahan AD ART dan pengesahan personalia DPP Partai Golkar," kata Ketua Majelis Hakim Teguh Satya Bhakti di PTUN Jakarta, Jl Sentra Primer Baru, Jakarta Timur, Senin (18/5).

Putusan PTUN ini, sekaligug membatalkan SK Menkum HAM untuk kepengurusan Golkar hasil Munas Ancol dibawah Agung Laksono. Selain itu, dalam amar putusannya, Majelis hakim memerintahkan Menkum HAM mencabut SK yang mengesahkan kepengurusan Golkar kubu Agung, dan menghukum untuk membayar biaya perkara sebesar 384 ribu.  "Selanjutnya menghukum kepada tergugat dan penggugat untuk mengganti biaya perkara sebesar 384 ribu," tutur Teguh sebelum mengetuk palunya.

Mendengar putusan Majelis Hakim PTUN, sontak membuat pendukung kubu Ical yang memenuhi ruang sidang bersorak dan bersujud dilantai ruang sidang. Para simpatisan dan Kader Golkar kubu Ical tidak mampu membendung luapan kegembirannya mendengar putusan tersebut. Bahkan sejumlah petinggi dan Waketum Golkar hasil Munas Bali Nurdin Halid dengan reflek bersujud memuji dan bersyukur .“Keadilan itu masih ada, dan sudah ditunjukan sekarang tentang siapa yang berhak,” ucap Nurdin menahan luapan kegembirannya.

Ditempat terpisah, Ketua Fraksi Partai Golkarversi Bali, Ade Komarudin  bersama rekan-rekan di fraksinya yang menonton siaran langsung putusan PTUN, mendengar gugatannya dikabulkan semua anggota Fraksi melakukan sujud sukur di DPR. Usai meluapkan kegembirannya, Ade cs langsung menggelar doa bersama yang dipimpin Misbakhun. Susana tampak khidmat, seolah lelah yang teramat, menjadi buah yang bisa dinikmati.

"Atas nama Fraksi Partai Golkar di sini, pertama-pertama saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT, semoga putusan PTUN ini dapat mengakhiri konflik diantara kami," ujar  Ade Komarudin di ruang Fraksi Golkar, lantai 12, Gedung Nusantara I, Senin (18/5).

Mengenai putusan atas gugatannya di PTUN, Ade memberikan apresiasi terhadap majelis hakim yang berani mengambil putusan dengan cermat. Karena, meski sebelumnya dia sempat meragukan kredibilitas majelis bisa mengambil sikap di tengah tekanan yang luar biasa, namun semua itu rupanya tidak meruntuhkan keyakinan majelis dalam mengambil putusan. (Dang)

KOMENTAR DISQUS :

Top