Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Kesehatan

Hilangkan Cegukan dengan 10 Ramuan Tradisional

Kamis, 15 Februari 2018 13:08:42 wib - Komentar
Ilustrasi (Foto: Healthcuretips)

(Banten88.com): Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya cegukan, termasuk Anda? Nah. cegukan bisa sangat menyebalkan, terutama saat kita makan atau sedang berbincang-bincang dengan orang lain. Lalu, bagaimana solusinya?

Sebelum itu tidak perlu panik, karena cegukan merupakan hal wajar yang terjadi pada semua orang. Cegukan terjadi dikarenakan adanya udara yang masuk ke dalam paru-paru sehingga membuat ruang antara pita suara tertutup yang menyebabkan cegukan.

Nah, kalau cegukan sudah terjadi berulang-ulang pasti sangat menyebalkan bukan? Tenang, Anda bisa mengatasinya dengan ramuan tradisional yang terbukti ampuh menghilangkan cegukan.

Berikut 10 ramuan tradisional untuk menghilangkan cegukan secara cepat dan alami yang dilansir dari laman Boldsky, Kamis (15/2/2018):

1. Madu dan minyak castor

Madu dan minyak castor merupakan obat pertama yang dapat Anda coba untuk menghilangkan cegukan. Jika cegukan tidak berhenti setelah beberapa menit, Anda dapat mencoba ramuan tradisional. Campurkan satu sendok teh madu dan minyak castor lalu minum. Setelah itu tunggu beberapa saat cegukan Anda akan berkurang.

2. Air dingin

Dengan meminum air dingin anda dapat menghilangkan gangguan pada diafragma. Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan meminum satu gelas air dingin ditambah madu, maka cegukan akan hilang.

3. Gula

Selain madu dan air dingin, gula juga dapat menghilangkan cegukan. Hal ini karena gula dapat menstimulasi saraf vagus dan cegukan akan hilang dengan segera.

Caranya: ambil sesendok teh gula kemudian dimakan. Tapi gula tersebut jangan Anda kunyah ya, biarkan saja larut di dalam mulut, lalu minumlah sedikit air setelah itu.

4. Cuka

Cuka merupakan salah satu obat tradisional yang mudah didapatkan di rumah. Rasa asam cuka akan menghentikan cegukan secara cepat. Hal yang harus Anda lakukan adalah campur ½ sendok teh  cuka dengan air kemudian langsung diminum.

5. Selai kacang

Selain memiliki rasa yang manis dan gurih, ternyata selai kacang juga dapat menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan memakan satu sendok selai kacang dan biarkan sesaat di mulut kemudian baru ditelan.

6. Lemon

Lemon memang memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat menghilangkan cegukan. cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan ½ perasan lemon dengan segelas air, lalu meminumnya untuk hilangkanc egukan.

7. Kapulaga

Kapulaga juga dapat menjadi obat untuk cegukan karena memiliki sifat melunakkan otot dan menghentikan cegukan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah campurkan satu sendok teh kapulaga bubuk dalam satu air hangat dan diamkan sekira 10 menit. Saring ampasnya dan minumlah secara perlahan.

8. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki kandungan zat yang dapat membantu mengurangi kontraksi pada diafragma yang menjadi penyebab cegukan. Caranya adalah dengan mencelupkan teh chamomile ke dalam air yang mendidih dan biarkan selama 5 menit, setelah itu baru deh minum tehnya.

9. Madu liar

Madu liar memiliki manfaat untuk menghilangkan cegukan, Campurkan madu tersebut ke dalam segelas air hangat, dan minum.

10. Biji dill

Selain sebagai bumbu rempah, biji dill juga dapat dijadikan obat untuk menghilangkan cegukan. Cukup kunyah satu sendok teh biji dill cegukan Anda akan hilang. (Sumber : Okezone.com)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top