Indonesia English
Jumat, 19 Oktober 2018 |
Teknologi

Hublot Big Bang Referee akan Dipakai Wasit Piala Dunia 2018

Jumat, 23 Maret 2018 10:28:09 wib - Komentar
Jam Hublot untuk Piala Dunia. Foto: Hublot

Jakarta, (Banaten88.cm): Hublot adalah sponsor resmi penanda waktu untuk Piala Dunia 2018, dan mereka merilis jam tangan anyar untuk turnamen sepak bola empat tahunan itu.

Jam tangan tersebut bernama Big Bang Referee 2018 FIFA World Cup Russia, dan ini adalah jam tangan pintar yang menggunakan sistem operasi Wear OS -- dulunya Android Wear --. Jam tangan ini punya jeroan serupa dengan Tag Heuer Connected Modular 45 keluaran 2017, yang menggunakan prosesor Intel Atom Z34XX.

Wajar memang, Hublot dan Tag Heuer dimiliki oleh konglomerasi yang sama, yaitu LVMH. Big Bang Referee punya 'wajah' berdiameter 35,4mm, layar AMOLED dengan resolusi 400x400 pixel, Bluetooth 4.1, WiFi 802.11n dan baterai 410 mAh yang diklaim bisa bertahan seharian.

Ada beberapa hal yang membuat jam tangan ini spesial selain jumlahnya yang terbatas, hanya dibuat sebanyak 2018 unit, dan harganya yang mencapai USD 5.200 atau sekitar Rp 71,5 juta. Lalu Hublot juga membenamkan sejumlah hal terkait Piala Dunia di dalam jam tangan ini.

Antara lain adalah hitung mundur ke waktu penyelenggaraan Piala Dunia, dan ketika nanti turnamennya sudah berlangsung, jam tangan ini akan memberi notifikasi jadwal pertandingan dan statistik pertandingan yang sedang berlangsung. Lalu, Big Bang Referee juga akan bergetar dan menampilkan tulisan 'GOAL' setiap ada gol yang dicetak.

Dipakai oleh wasit
Sesuai namanya, Hublot juga membuat Big Bang Referee edisi khusus yang akan dipakai oleh wasit Piala Dunia 2018, yang terintegrasi dengan teknologi garis gawang. Berbeda dengan jam tangan biasa yang dipakai oleh wasit di kebanyakan pertandingan yang juga sudah menggunakan teknologi garis gawang.

Para wasit itu biasanya menggunakan jam tangan biasa yang bisa menampilkan notifikasi ketika sistem mengenali terjadinya sebuah gol. Namun kini fitur tersebut dibawa ke jam tangan pintar buatan Hublot, demikian dikutip dari The Verge, Jumat (23/3/2018).

Big Bang Referee 2018 FIFA World Cup Russia yang khusus dibuat untuk wasit saat ini sudah mulai diuji secara diam-diam di sejumlah pertandingan. Pengujiannya sendiri dilakukan oleh sejumlah wasit dalam beberapa kompetisi yang diadakan FIFA pada 2017. (Sumber : Detik.com)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top