Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Pemerintahan

IKI bersama Disdukcapil Serang, Adakan Pelayanan Adminduk Keliling

Jumat, 28 September 2018 11:00:33 wib - Komentar
Kegiatan Relawan IKI Serang bersama Disdukcapil Kabupaten Serang laksanakan pelayanan Adminduk keliling di desa Pulo Panjang.

Serang,(Banten88.com):Relawan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) kabupaten Serang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Serang mengadakan kegiatan keliling Adminduk.

Kegiatan dilaksanakan di desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, pada tanggal 25 sampai 26 September 2018 kemarin. Acara dihadiri kepala Dinas Dukcapil, Sekertaris Dukcapil beserta jajaran tim Dukcapil yang terdiri dari tim pencetakan e KTP, kartu keluarga dan akta kelahiran, juga dihadiri Camat kecamatan Pulo panjang. Hal ini dkatakan Ketua Koordinator IKI Kabupaten Serang, Arif rochmat yunanto, M.Pd kepada wartawan, Jum’at (28/9/2018).

Kegiatan tersebut, kata Arif, serah terima adminduk dari Disdukcapil kepada relawan IKI Kabupaten Serang diteruskan ke masyarakat, desa Pulo Panjnag. Kegiatan yang dlaksanakan selama dua hari ini, juga dihadiri oleh pengurus IKI Pusat, Kyai Syaifullah ma'sum sebagai Ketua 3 beserta jajarannya.

“Kegiatan selama dua hari tersebut, Pengurus IKI Pusat, relawan IKI, Pak  Camat dan tim Catatan sipil, sekretaris Dinas dan kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Serang menginap di salah satu rumah warga karena keadaan desa yang terisolir oleh laut membuat kesempatan untuk pulang pergi seakan menjadi hambatan karena jadwal perahu untuk menyebrang terbatas,”katanya.

Sasaran dalam pembuatan akte, kata adalah usia 0-18 tahun baik usia Paud, Sekolah dasar, SMP maupun SMA. Namun dalam kesempatan ini tidak disiasiakan oleh warga, karena usia dewasa pun membuat akte kelahiran.

Pelayanan KTP juga dilakukan di kegiatan tersebut terutama perekaman bagi warga yang baru masuk usia 17 tahun . Dan bagi warga yang sudah perekaman pada waktu sebelumnya namun belum memiliki KTP, pada kesempatan tersebut Disdukcapil dapat mencetak dan langsung diberikan kepada warga.

 

“Bagi masyarakat yang melakukan pengajuan baik akte, kartu keluarga dan e-KTP pada pelayanan keliling tersebut langsung cetak jadi dan langsung diberikan kepada yang bersangkutan secara garis/tidak dipungut biaya,”terangnya.

Salah satu warga, Asmarudin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mempermudah warga desa Pulo Panjang dalam pelayanan pembuatan KTP, akte dan KK.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mempermudah dalam pelayanan pembuatan e-KTP, KK dan akte mengingat surat ini sangat penting bagi kami,”ujarnya. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top