Indonesia English
Senin, 16 Juli 2018 |
Kesehatan

Ini 5 Manfaat Ketimun yang Tidak Banyak Terungkap

Kamis, 15 Maret 2018 07:56:09 wib - Komentar
Ilustrasi (Foto: Livestrong)

Tahukah Anda, jika menyinggung soal detoks, sayuran ketimun bisa dibilang merupakan jenis sayur-mayur yang bermanfaat. Bagaimana tidak, selain kaya akan air, mentimun juga penuh dengan kandungan vitamin dan mineral esensial di dalamnya.

Ketimun juga kaya akan sumber vitamin B, potassium dan magnesium. Menurut ahli gizi berbasis di Bangalore Dr. Anju Sood, bahwa apa pun yang memiliki kadar air tinggi, juga memiliki vitamin dan mineral di dalamnya. Di mana disebutkan, mengonsumsi ketimun air dapat membantu proses pembuangan racun dari tubuh lebih baik lagi.

Selain membuang racun dari tubuh, mengonsumsi ketimun disebutkan dapat memberikan beberapa manfaat baik untuk kesehatan. Jadi penasaran kan sebetulnya apa saja sih manfaat dari air ketimun yang selama ini tidak banyak terungkap? Melansir Ndtv, Kamis (15/3/2018) berikut uraiannya:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Timun adalah sumber kaya vitamin K, yang di mana vitamin K ini memainkan peran penting untuk meningkatkan kesehatan tulang secara menyeluruh, sekaligus mencegah pembekuan darah.

2. Menjaga kulit tetap sehat

Salah satu rahasia di balik kulit yang sehat dan ternutrisi adalah dengan banyak minum air. Nah, timun yang mengandung banyak air ini sendiri disebutkan kaya akan kandungan anti-oksidan dan memiliki khasiat anti-inflamasi sehingga dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit. Untuk menghindari timbulnya jerawat, Anda bisa mencoba untuk mencuci wajah setiap hari dengan mentimun.

3. Menyegarkan aroma bau mulut

Tahukah Anda bahwa dengan meminum satu gelas air mentimun dapat dapat meningkatkan produksi air liur, yang di mana hal ini pada saat yang tepat dapat membantu menjaga bau mulut agar tetap segar.

4. Menekan nafsu makan

Meminum segelas air mentimun setiap hari, disebutkan dapat membantu untuk menekan nafsu makan sebab membuat perut terasa kenyang, sehingga bisa menghindarkan diri dari makanan yang tidak perlu dimakan.

5. Menyediakan ekstra vitamin dan mineral

Selain anti-oksidan, ketimun juga hadir dengan berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin C dan vitamin A, yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh.  (Sumber : Okezone.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top