Indonesia English
Rabu, 26 Juni 2019 |
Kesehatan

Ini Alasan Orang Sulit Berhenti Merokok

Kamis, 21 Desember 2017 11:09:32 wib - Komentar
Efek nikotin dalam otak yang membuat seseorang sulit untuk berhenti merokok. Foto: Thinkstock

Jakarta, (Banten88.com): Rokok mengandung berjuta-juta zat berbahaya di dalamnya, nikotin salah satunya. Seperti yang kita tahu, nikotin adalah zat yang memberi efek samping ketergantungan bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, aktivis penanggulangan masalah tembakau dan terapis berhenti merokok, Fuad Baradja mengatakan bahwa efek nikotin akan memengaruhi otak seseorang.

"Kenapa susah berhenti? Ya karena nikotin di otak minta terus. Orang ngerokok itu karena kecanduan nikotin, karena tiap hari diasup ya dia harus asup terus, klo nggak diasup bete, sumpek, nggak bisa mikir," ujarnya.

Menurut Fuad, ketika orang memutuskan untuk berhenti merokok maka nikotin yang ada dalam otaknya akan berangsur-angsur menghilang. Namun jika merokok terus-menerus, maka nikotin yang ada di otak akan bertahan pula.

"Dua sampai tiga hari nikotin di darah kita sudah nggak ada, tapi efek di otaknya lama," imbuhnya.

Selain itu, faktor eksternal juga dapat memengaruhi seseorang untuk berhenti merokok. Harga jual rokok yang relatif murah dan dapat dibeli secara ecer juga menjadi salah satu faktornya.

"Apalagi bisa dibeli eceran. Hampir semua dunia sudah mengendalikan masalah ini, harganya mahal, iklan (rokok) tidak ada, tempat terbatas, gambar bungkus rokok menyeramkan," jelas Fuad.

Maka dari itu, Fuad menuturkan bahwa ada dua hal yang bisa membantu seseorang untuk berhenti merokok. Yaitu niat dan motivasi yang cukup kuat.

"Orang berhenti merokok itu karena dua, kuncinya niat dan motivasi. Kalau niat semua perokok pengin berhenti, motivasi ini yang melengkapinya," tegasnya. (Sumber : Detik.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top