Indonesia English
Jumat, 22 Maret 2019 |
Teknologi

Ini Cara Intel Populerkan Thunderbolt 3

Jumat, 26 Mei 2017 10:08:29 wib - Komentar
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Jakarta, (Banten88.com): Port Thunderbolt 3 bisa dibilang adalah port masa depan, dengan segala macam kelebihannya dibanding port semacam USB. Namun port ini belum bisa mengalahkan kepopuleran USB.

Untuk meningkatkan jumlah adopsi port Thunderbolt 3, Intel punya beberapa caranya sendiri. Salah satunya adalah dengan mengintegrasikan dukungan port ini ke dalam prosesornya.

Chip Thunderbolt 3 Alpine Ridge pertama dirilis pada kuartal 3 2015, namun sampai prosesor Kaby Lake dirilis, chip Alpine Ridge ini belum juga terintegrasi, namun akan diintegrasikan pada prosesor generasi selanjutnya.

Cara lain dari Intel adalah dengan membebaskan biaya royalti untuk penggunaan Thunderbolt 3. Dengan begitu, pabrikan pihak ketiga akan bisa mengintegrasikan chip tersebut ke dalam chip buatannya.

Misalnya, sistem AMD bisa saja diintegrasikan dengan Thunderbolt 3 dengan harga chip yang lebih murah, demikian dikutip detikINET dari Arstechnica, Jumat (26/5/2017).

Dengan begitu diharapkan akan semakin banyak pabrikan yang memanfaatkan port Thunderbolt 3 tersebut. Pasalnya port ini bisa menggantikan beberapa jenis port yang ada saat ini sekaligus, seperti port pengisi data, untuk mengirimkan data, juga port untuk monitor.

Chip Alpine Ridge tersebut juga sudah mendukung antarmuka USB 3.1, yang mempunya bandwidth 10 Gbps, dua kali lipat dari bandwidth koneksi generasi sebelumnya, yang cuma 5 Gbps. (Sumber : Detik.com)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top