Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Nasional - Pemerintahan

Irjen Ronny Tinggalkan Polri, Banting Stir Jabat Dirjen Imigrasi

Senin, 10 Agustus 2015 19:13:15 wib - Komentar
Ronny F Sompie.

Jakarta, (Banten88.com) - Ronny Franky Sompie akhirnya sudah menentukan pilihan keluar dari institusi Polri. Ronny resmi menjabat Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM setelah dilantik Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Senin (10/8). Dengan demikian, statusnya sebagai perwira tinggi Polri kini beralih menjadi sipil.

Mantan Kapolda Bali Irjen Ronny F Sompie menjadi Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM. Pelantikan perwira yang pernah jadi Kadiv Humas Mabes Polri itu dilakukan di Graha Pengayom Gedung Kementrian Hukum dan HAM  Acara pelantikan juga dihadiri anggota Polri dan anggota DPR RI.

Setelah resmi terpilih menjadi Dirjen Imigrasi, Jendral bintang dua itu segera melepas jabatannya di kepolisian. Ronny mengatakan, setelah ini kelak dia tidak lagi menyandang status purnawirawan jenderal polisi setelah resmi dilantik menjadi Diretur Jenderal Imigrasi. Dia juga menilai, hal tersebut merupakan bagian dari konsekuensi yang dipilih.

"Saya sudah siap, karena ini amananh, jabatan Dirjen Imigrasi prestis, tertinggi di Imigrasi dan membawahi seluruh keimigrasian di seluruh Indonesia. Ini konsekuensi," kata Ronny.

Dikatakan Ronny, awal mula dia ikut dalam bursa lelang jabatan Dirjen Imigrasi yang dibuka oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM). Saat itu, kata lulusan Akpol 1984 ini, pihak Kemenkum HAM membuka peluang seleksi Dirjen Imigrasi dari pihak luar kementerian. "Awalanya disana, dan tawaran itu masuk ke Mabes Polri dan ditawarkan kepada para perwira tinggi bintang dua setingkat Irjen," katanya.

Jenderal bintang dua di kepolisian adalah setingkat eselon IB, sementara untuk jabatan Dirjen yang nanti diembannya adalah eselon 1A.  "Saya kan sudah alih status, tadi sudah dibacakan dalam keputusan presiden. Saya sudah mendapatkan NIP  atau Nomor Induk Pegawai," kata Ronny usai pelantikan di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Senin (10/8).

Ronny sebelumnya menjabat sebagai Kepala Polda Bali dengan pangkat inspektur jenderal. Ia mengatakan, saat ini posisi tersebut masih kosong. "Belum sertijab, masih menunggu pengganti saya, menunggu perintah Bapak Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. Kalau saya kan sudah melaksanakan tugas di sini, tinggal menunggu pengganti saya," tukasnya..

Selain Ronny, dia dilantik bersama tiga orang lainnya sebagai Dirjen, yaitu Widodo Ekatjahjana sebagai Dirjen Peraturan Perundang-undangan, I Wayan Kusmiantha Dusak sebagai Dirjen Pemasyarakatan, dan Ahmad M Ramli sebagai Dirjen Kekayaan Intelektual. Selain melantik empat Dirjen, Yasonna juga melantik Kepala Badan Penelitian dan Pengembangam Hukum dan HAM Y. Ambeg Paramarta dan sejumlah staf ahli menteri.

Mereka adalah Wicipto Setiadi sebagai Staf Ahli Bidang Sosial, Kabul Priyono sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Agus Hariadi sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga, Ma'mun sebagai Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, dan F. Hari Tamtomo sebagai Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan. (Dang).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top