Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Pemerintahan

Jelang Arus Mudik Lebaran 2016, Pemprov Banten Mengaku Siap

Rabu, 22 Juni 2016 20:16:21 wib - Komentar
Rakor mudik lebaran 2016.

SERANG,(Banten88.com):Pemerintah Provinsi Banten siap menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2016. Hal itu dikatakan Gubernur Banten Rano Karno saat rapat koordinasi dengan unsure pimpinan daerah di Pendopo Gubernur, KP3B, Kota Serang, Selasa (22/6).

“Baik pengamanan dan memfasilitasi para pemudik yang melalui jalur Pelabuhan Merak, sudah tidak ada kendala. Tahun ke tahun persiapan arus mudik berjalan dengan baik, mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik lagi,” kata Rano.

Rano meminta kepada semua dinas terkait dan lembaga yang mengikuti serta mengamankan arus mudik untuk bekerja dengan aktif. Tak hanya itu, harus mempriorotaskan para pemudik dan arus lalu lintas.

“Semuanya harus bekerja sama dengan baik, terutama dinas terkait agar bekerja dengan aktif,” tegasnya.

Lanjut orang nomor satu di Banten itu, untuk di Pelabuhan Merak Dinas Perhubungan bersama ASDP harus berkordinasi dengan maksimal. “Dalam hal ini naik turun penumpang harus diawasi dengan baik, agar tidak terjadi penumpukan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri memastikan bahwa pihaknya sudah siap dalam mengantisipasi kemacetan pada libur Lebaran, seperti jalur wisata yang rawan macet. Tindakan yang dilakukan menggunakan sistem jalur satu arah dengan empat titik dari Cilegon menuju Anyer.

“Jalur empat beat satu arah akan dilakukan oleh kita, dimana satu arah dari  Simpang JLS Cilegon sampai Gudang Arang Anyer,” kata Dofiri.

Dofiri menjelaskan untuk jalur satu arah dari empat beat di antaranya, Gudang Arang sampai Mercusuar, dari Mercusuar ke Hotel Marbella, dari  Marbella ke Pasar Teneng. “Tetap kita harus lakukan penjagaan di jalur utama karena bagaimanapun jalur utama pasti macet. Kita harus antisipasi semuanya,” jelasnya.

Dijelaskan Dofiri untuk menghindari kemacetan akan diberlakukan jalur alternatif yaitu jalur alternatif Serang-Palima-Ciomas Padarincang, Serang-Taktakan-Gunung Sari-Mancak-Anyer, Cilegon Timur-JLS-Ciwandan, ruas Merak -Bojonegara-Serdang.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten Hadi Suryadi mengungkapkan dalam persiapan menjelang arus mudik lebaran, masyarakat kini bisa mengkritik dan mengeluhkan kondisi jalan rusak secara langsung ke pemerintah melalui media Twitter.

“Untuk lebaran tahun ini, kita sudah menyiapkan secara online akun Twitter DBMTR  yakni Twitter @bmtr_siap,” katanya

Hadi menjelaskan kondisi jalan di jalur Mudik sendiri sudah 70 persen dalam kondisi baik. “Kalau untuk jalan di jalur mudik, Insya Allah sudah siap dan baik untuk para pengendara,” ujarnya.(ERNA).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top