Indonesia English
Rabu, 22 Mei 2024 |
Nasional

Kapolda Banten Laksanakan Rapat Koordinasi Terkait Kesiapan Pos Pelayanan di Pelabuhan Ciwandan

Senin, 27 Maret 2023 20:05:05 wib - Komentar

 

Cilegon,(Banten88.com): Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto melaksanakan pengecekan kesiapan Pos pelayanan Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan Merak Banten dan Rest Area KM 43A, rencana menjadi lokasi peninjauan atau Survey Kapolri dan rombongan yang dilaksanakan pada Senin (27/03).

Turut hadir dalam kegiatan Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif didampingi Pejabat utama Polda Banten, Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, General Manager PT Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Suharto, Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten Endi Suprasetio.

Sesampainya di Pelabuhan Ciwandan Kapolda Banten dan Pejabat utama mendengarkan arahan dari pihak pelabuhan terkait persiapan penyelengaran angkutan lebaran tahun 2023 serta langkah langkah yang telah dilaksanakan untuk menyambut dan melayani para pemudik pada libur lebaran 1444 H/ tahun 2023.

Rudy mengatakan, kegiatan pemantauan tersebut dalam rangka mengecek persiapan Pelabuhan Pelindo II Ciwandan serta Penyeberangan Merak dan Rest Area KM 43A dalam menyambut dan pelayanan arus mudik.

Dalam kunjungan tersebut Kapolda Banten memantau situasi dermaga di pelabuhan Ciwandan yang saat ini masih dalam perbaikan.

"Saya meminta kepada jajaran pelabuhan pelindo II Ciwandan untuk dapat menyelesaikan perbaikan Dermaga yang akan menampung pemudik yang menggunakan kedaraan sepeda motor sesuai dengan target. Sehingga pelayanan kepada masyarakat saat mudik dapat dilaksanakan dengan maksimal," kata Rudy.

Dalam paparanya General Manager PT Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto menyampaiakan. "Dengan tingginya prediksi peningkatan arus mudik tahun ini, maka ada langkah yang luar biasa dan manajemen mudik tahun ini harus lebih baik, untuk antisipasi itu kita akan gunakan pelabuhan Ciwandan. Ini akan digunakan saat pelaksanaan arus mudik," kata Agung.

Pelabuhan Ciwandan bakal menjadi pelabuhan yang dikhususkan mengangkut sepeda motor pada mudik lebaran tahun ini. Para pemudik yang menggunakan sepeda motor tak lagi menyeberang ke Pulau Sumatera lewat Pelabuhan Merak. "Khusus untuk sepeda motor, agar terlayani dengan baik dan tidak campur sepeda motor akan diarahkan ke Pelabuhan Ciwandan," ujar Agung.

Agung menjelaskan nantinya akses maupun fasilitas di Ciwandan akan diperbaiki sehingga bisa digunakan oleh para pemudik yang naik motor ke arah Pulau Sumatera dari Pulau Jawa. "Jalannya akan diperbaiki jadi sepeda motor ke sana nanti ada kapal khusus untuk angkut sepeda motor disiapkan tenda, MCK. Pokoknya fasilitas untuk sepeda motor disiapkan di Ciwandan," jelas Hendro.

Lebih lanjut Agung mengatakan, di Pelabuhan Ciwandan akan ada 12 unit kapal. "Terdapat 12 kapal yang disediakan untuk melayani pemudik dari lintas Merak - Bakauheni. Selain itu juga terdapat satu unit kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni dan satu unit kapal milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP)," tutup Agung. (sumber Bidhumas)

KOMENTAR DISQUS :

Top