Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Advetorial

Kawasan Wisata Banten Lama Segera Dibenahi

Kamis, 02 Juli 2015 18:45:45 wib - Komentar
Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah Hadiri Syukuran HUT Bhayangkara ke-69 di Mapolda Banten.

SERANG,(Banten88.com): Keturunan Sultan Maulana Hasanudin Banten mendukung relokasi pedagang di kawasan wisata Banten Lama di Kecamatan Kasemen Kota Serang. Dukungan tersebut disampaikan Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah pada acara Syukuran HUT Bhayangkara ke-69 Tahun di Polda Banten di Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang, Banten. Rabu (1/7/2015).

Dikatakan Asep, keturunan Sultan Maulana Hasanudin Banten yang mendukung relokasi pedagang itu, antara lain Tubagus Ismetullah Al Abbas. "Karena sudah mendapatkan dukungan dari keturunan Sultan, dan adanya kesamaan visi dalam melakukan penataan kawasan wisata Banten Lama, sekarang lokasi para pedagangnya mulai digeser oleh pihak kepolisian serta Pemerintah Kota Serang," kata Asep ketika diminta keterangan mengenai penataan Banten Lama.

Menurut Asep, relokasi pedagang dilakukan tahun 2016 bersamaan dengan penataan kawasan wisata Banten Lama. Sedangkan jumlah pedagangnya tidak kurang dari 800 pedagang. "Dana bantuan anggaran untuk penataan kawasan Banten Lama dibantu melalui Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Banten kepada Pemerintah Kota Serang tahun anggaran 2016, besaran bantuan anggarannya akan disesuaikan dengan usulan dari Pemerintah Kota Serang," ujarnya.

Untuk penetapan pembangunan kawasan wisata Banten Lama dibagi menjadi empat zona, yaitu zona 1 terdiri dari Kawasan Masjid Agung, Benteng Surosowan, dan Tasikardi;  Zona 2 terdiri dari Kasunyatan dan Kaibon; Zona 3 Benteng Spelwijk, Vihara Avalokitesvera, dan Pelabuhan Karangantu, dan Zona 4 Pulau Burung, serta Kawasan Sawah Luhur.

Kemudian SKPD Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Serang yang terlibat langsung dalam penataan tersebut, antara lain Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Dinas Sosial. "Mudah-mudahan penataan kawasan wisata Banten Lama berjalan sesuai dengan rencana, dan untuk mewujudkan rencana itu kami berharap semua pihak mendukung," harapnya sambil mengakhiri pembicaraan.(Adv).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top