Indonesia English
Sabtu, 13 Juli 2024 |
Pendidikan

Kegiatan PKB Guru Kelas SD KKG Gugus IV Cikande

Rabu, 01 November 2017 15:31:31 wib - Komentar
Pelaksanaan Kegiatan PKB guru kelas SD berbasis komunitas KKG Gugus IV Cikande, di SDN Julang.(Foto:Iman).

Serang,(Banten88.com):Peningkatan mutu pendididikan akan berhasil dengan baik apabila ditunjang oleh mutu guru yang baik sehingga tidak salah apabila dikatakan bahwa masa depan suatu masyarakat ditentukan oleh peran guru.

Hal ini yang sedang dilakukan oleh para pendidik sekolah dasar, yang tergabung dalam KKG gugus IV Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Para guru kelas awal yakni guru kelas 1 sampai kelas 3 dan guru kelas atas yakni guru kelas 4 sampai guru kelas 6, berjumlah 40 orang itu, mengikuti Kegiatan pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) berbasis komunitas KKG Gugus IV Kecamatan Cikande.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, dari 1 sampai 4 November 2017  di SDN Julang, depan kawasan Modern Industri. Mereka memulai kegiatan dari jam 07.30 Wib sampai 16.00 Wib.

Materinya memakai modul F tentang Pedagogik dan modul I tentang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Ketua Komunitas KKG Gugus IV, Andi didampingi Penanggung Jawab Kegiatan Nanang Sulaeman, S.Pd mengatakan, pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) berbasis komunitas KKG Gugus IV Kecamatan Cikande untuk guru kelas awal dilaksanakan selama dua hari kemudian dilanjutkan dengan guru kelas atas juga dua hari.

“Peserta yang ikut dalam KKG Gugus IV yakni para guru kelas awal dan guru kelas atas dari SDN Julang, SDN Gorda 1, SDN Kukun, SDN Parigi dan SDN kayu Areng. Peserta dibagi menjadi dua ruang untuk guru kelas awal berada di ruang satu dan guru kelas atas di ruang dua. Mereka dipandu oleh 2 orang fasilitator nasional yakni Robi’atus Sa’adiyah, S.Pd dan Nurlaila, S.Pd,”kata Andi kepada Banten88.com, Rabu (1/11/2017).

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan setelah menempuh proses pembelajaran peserta mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan khususnya pedagogik dan TIK.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Kabupaten Serang, Drs. H Aber Nurhadi, M.Pd menambahkan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan peran guru adalah unsur pedagogik dan TIK yang mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru. Pemerintah telah memfasilitasi guru untuk dapat mengembangkan keprofesian berkelanjutan melalui program pendidikan dan pelatihan pasca uji kompetensi guru dalam bentuk post tes.

Program pendidikan ini merupakan bagian penting dari pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan. Faktor pendukung keberhasilan diklat dengan adanya modul dan bahan ajar.

Aktivitas pembelajaran yang terintegrasi dengan penguatan pendidikan karakter (PPK), karena karakter akan menjadi watak, budi pekerti yang menjadi ruh dalam pendidikan. Pengintegrasian pendidikan karakter komunikasi efektif ini dikembangkan dengan mengintegrasikan lima nilai utama PPK yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

”Pendidikan karakter ini sudah menjadi sebuah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmoni olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga. Implementasi gerakan PPK ini dapat berbasis kelas, berbasis budaya dan berbasis masyarakat (Keluarga dan komunitas),”pungkasnya.(Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top