Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Pemerintahan

Keluhkan pelayanan Di Desa, Warga Lapor Ke Camat Malingping

Kamis, 28 Juli 2016 09:25:32 wib - Komentar
Sukanta S.Pd. Camat Malingping kab Lebak saat menerima dua warga desa Malingping Utara.

LEBAK (Banten88.com ):Dua warga Kampung Cikadu Desa Malingping utara  Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, Banten mengeluhkan pelayanan pemerintahan desa setempat.Akibat tidak mendapat pelayanan dari pihak desa,kedua warga menyampaikan keluhanya kepada Camat Malingping,Rabu (27/7).

Dalam keluhanya kepada camat, kedua warga tersebut mengaku merasa dipersulit untuk meminta tanda tangan rekomendasi untuk keperluan akte kelahiran dan surat keterangan tidak mampu (SKTM) untuk kebutuhan sekolah.

Enjen dan Ade kepada wartawan mengaku, dirinya sudah berkali-kali meminta rekomendasi tanda tangan dari kepala desa (Kades) untuk membuat akta kelahiran anaknya. Dirinya mengaku sampai bolak-balik ke Rangkasbitung yang jaraknya jauh yang selalu nihil.

“ Karena membuat akta kelahiran harus ada tanda tangan dari desa, Tapi karena sudah dua minggu tidak pernah ditanda tangani, maka saya mencoba datang langsung ke kantor kependudukan di rangkas, namun gagal,"ujarnya.

Menurutnya, urusan politik masa lalu itu jangan dibawa-bawa pada pelayanan pemerintahan,kurang elok urusan politik jika di bawa terhadap pelayanan publik,siapapun orangnya yang ada di malingping utara dengan identitas yang jelas itu adalah warganya.

"Kami warganya berharap agar kades mehilangkan intres pribadi saat pilkades.Sekarang waktunya memberikan pelayanan frima terhadap masyarakat.Untuk itu saya minta pa camat agar membinanya dan memberikan solusi soal terhambatnya pelayanan,"ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Ade, warga desa yang sama, anaknya disuruh minta tanda tangan Kades untuk mendapatkan rekomendasi SKTM untuk keperluan sekolah, tapi itu tidak pernah direspon,bahkan pada saat saya ke kantor desa, kepala desa malah memarahi saya tanpa alasan yang jelas."Saya datang hendak minta rekomendasi SKTM,bukanya di layani,yang ada saya di marahi oleh kades,"terangnya.

Camat Malingping, Sukanta S.Pd  kepada wartawan dan kepada dua warga yang mengadu mengatakan,adanya pengaduan dari warga berjanji akan melakukan pembinaan terhadap para kepala desa yang kurang memperhatikan warganya dalam hal pelayanan kepada masyarakatnya.

“ Ya memang, dalam hal ini saya masih membaca prilaku para kepala desa yang masih menyimpan dendam politik,"ungkap sukanta.

Lanjut Camat,padahal posisi kepala desa pada saat ini adalah pejabat publik yang punya tanggungjawab melayani masyarakat yang lepas dari interpensi politik.
Terkait kasus yang dilaporkan warga Desa Malingping Utara itu, Camat Malingping berjanji untuk lebih mengintensifkan pembinaan dan pengawasan terhadap para Kades di wilayah kerjanya.

“ Kasus ini akan saya tangani sendiri,kedua warga ini agar segera mendapatkan haknya untuk dilayani.Saya tugaskan staf saya untuk memintakan tanda tangan kepada kepala desanya dengan segera, dan semoga untuk kedepannya kasus serupa tidak ada lagi, “, ujar Sukanta.

Sementara Iyang SP,anggota DPRD Lebak  yang kebetulan ada di kantor camat Malingping turut mendengarkan keluhan dua warga itu.Dirinya meminta Camat Malingping untuk lebih eksis dan optimal melakukan pembinaan kepada para Kades agar lebih peka  terhadap pelayanan pada masyarakat.
“ Saya perihatin sekali mendengar keluhan dua warga enjen tersebut, karena itu saya minta Pak camat untuk segera melakukan pembinaan khusus kepada Kades tersebut,"ujarnya. (Dinar)

KOMENTAR DISQUS :

Top