Indonesia English
Senin, 23 April 2018 |
Pendidikan

Kepsek SMKN 7 Kabupaten Tangerang Tak Hirau Instruksi Gubernur Banten

Selasa, 27 Maret 2018 10:30:53 wib - Komentar
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Kabupaten Tangerang

Tangerang, (Banten88.com): Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim memiliki empati dan simpati sangat besar terhadap amanat penderitaan rakyat. Sikap ini diwujudkan membebaskan uang sekolah untuk tingkat SMA/SMK mulai Januari 2018.

"Menggratiskan biaya uang sekolah untuk tingkat SMA/SMK dimaksudkan untuk mengurangi beban ekonomi rakyat yang terhimpit," tegas Gubernur.

Namun kenyataan dilapangan dari hasil pantauan media cyber Banten88.com, ternyata kepala Sekolah SMKN 7 Kabupaten Tangerang tidak menghiraukan instruksi gubernur. Sekolah ini seperti dituturkan sumber Banten88 masih memungut biaya sekolah bulan Januari dan Februari 2018 sebesar Rp.300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah) per siswa perbulannya. Sekolah yang berlokasi di pintu gerbang Perumahan Dasana Indah Bonang ini memiliki 1871 siswa/siswi.

Pada Sabtu (24/3/2018) Banten88.com rechek ke sekolah tersebut, namun penjaga sekolah mengatakan hari Sabtu sekolah libur. Media ini kemudian menghampiri sekelompok siswa/siswi  sedang mengikuti kegiatan pramuka dihalaman sekolah tersebut. Terkait biaya sekolah, mereka mengatakan bahwa sekolah masih memungut biaya sekolah bulan Januari dan Februari 2018. Ketika Banten88 bertanya apa kalian sudah dapat informas bahwa pak Gubernur sudah menggratiskan biaya sekolah selamanya sejak Januari 2018?.

"Kami sudah dapat informasi pak tentang biaya sekolah gratis. Tapi pihak sekolah jika diminta uang SPP yang sudah kami bayar, jawabannya berbelit-belit. Katanya uang tersebut tidak bisa dikembalikan untuk membiayai kegiatan sekolah karena dana BOS belum turun," jawab mereka secara serempak.

Namun demikian beberapa dari siswa tersebut mengaku ada yang belum membayar sama sekali uang sekolah sejak bulan Januari. Tapi mereka juga mengatakan ada temannya yang sudah membayar dimuka sekian bulan tapi uang tidak kembali, kisahnya.

Kemudian pada Senin (26/3/2018), Banten88.com jumpa dengan Ketua Komite Sekolah SMK N 7 Kabupaten Tangerang Sugito, dengan gagah dia mengatakan "Jika ada sekolah masih memungut biaya pasti akan dipecat oleh pak Gubernur,” tegasnya.

Sementara itu Kepala SMK N 7 Kabupaten Tangerang Jamas Sopiandi, M Pd ketika dikonfirmasi Banten88.com Selasa (27/3/2018). Membenarkan pihaknya masih memungut biaya sekolah bulan Januari dan Februari. Alasannya karena pihak Dinas Pendidikan Provinsi Banten sebagai atasannya langsung membolehkan memungut biaya sekolah hingga tahun ajaran baru Juni 2018.

Namun mulai Maret 2018 ini sekolah kami, masih jelas Jamas Sopiandi sudah menggratiskan biaya sekolah. Karena ia nilai tidak cukup signifikan jumlahnya, misalnya dalam satu kelas  berisi 40 siswa, yang disiplin membayar hanya sekitar 5 orang. Bahkan ada yang belum membayar sama sekali.

Bersamaan dengan itu ada berita kepala Sekolah yang dialih tugaskan  karena diduga masih memungut biaya sekolah. Padahal memang sudah waktunya kepala Sekolah tersebut alih tugas. Dari pada ribet, akhirnya mulai bulan Maret 2018 SMK N 7 Kabupaten Tangerang sudah menggratiskan biaya sekolah. Demikian Jamas Sopiandi, kepala Sekolah SMK N 7 Kabupaten Tangerang. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top