Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Pendidikan

Kepsek SMPN 2 Kopo Laksanakan Supervisi Kelas

Rabu, 24 Oktober 2018 11:03:04 wib - Komentar
Kepsek SMPN 2 Kopo sedang melaksanakan giat supervisi di kelas IX A.

Serang,(Banten88.com): Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kopo, Kabupaten Serang sedang mengadakan kegiatan supervisi pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Kegiatan ini titik sasarannya seluruh para pendidik yang bertugas di SMP Negeri 2 Kopo berjumlah 18 orang. Pelaksanaannya mulai tanggal 22 Oktober sampai minggu kedua November 2018. Melaksanakan Supervisi akademik merupakan salah satu tugas kepala sekolah. Hal itu dikatakan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kopo, Wawan Warsa Juarsa, S.Pd. Mat kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (24/10).

Menurut Wawan, untuk melaksanakan supervisi secara efektif diperlukan ketrampilan konseptual, interpersonal dan teknikal. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki dan menguasai konsep supervisi akademik yang meliputi pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip serta dimensi subtansi supervisi akademik.

“Hari ini, saya melakukan supervisi pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII dengan gurunya Pak Nurman Hermawan, MM.Pd tentang pelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkan ke kelas IX A, gurunya Pak Ahmad Haerudin, M.Pd dengan materi bahasa Indonesia, dari jam 10.30 Wib sampai 11.30 Wib. Satu hari 2 orang guru tetapi tidak pasti harinya sesuai dengan jadwal,”katanya.

Wawan menyampaikan, ada beberapa intrumen yang digunakan. Penilaiannya dilihat dari pelaksanaan pembelajaran dari mulai, pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Dengan adanya supervisi ini agar dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dapat melakukan dengan baik. Metode yang digunakan tanya jawab dan diskusi. Secara klasikal keberhasilan guru dalam mengajar sudah baik.

“Setelah ini ada tindak lanjut yakni refleksi supevisi kepala sekolah, mengevaluasi hal-hal yang kurang perlu ditingkatkan lagi dalam pembelajaran. Semoga melalui ini mutu pembelajaran guru meningkat sehingga prestasi siswa juga meningkat,”harapnya.

Salah satu guru kelas IX A, Ahmad Khaerudin, M.Pd menyampaikan materi pembelajaran kali ini mengangkat tentang iklan baris. Seluruh peserta didik diberikan pembelajaran dan pengenalan jenis iklan sehingga dapat membaca iklan baris yang ada di surat kabar. (Iman).

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top