Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Seputar Banten

Kolonel CPM Gultan Berbaur Perbaiki Jalan Lingkungan Komplek TLI

Senin, 27 Maret 2017 08:16:21 wib - Komentar
Kolonel CPM Muhammad Gultan (kaos putih) berbaur dengan masyarakat melakukan perbaikan jalan rusak di lingkungan komplek Taman Lopang Indah. Kota Serang, Banten.

SERANG,(Banten88.com):Bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Kolonel CPM Muhammad Gultan ini patut diapresiasi dan dijadikan contoh pejabat lainnya. Pasalnya, Perwira Menengah (Pamen) yang saat ini bertugas di Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD) Jakarta dihari liburnya mau berbaur dengan masyarakat bergelut dengan debu, bahkan dengan mengenakan kaos dan celana selutut tak jijik membersihkan selokan.

Bersama warga, pria yang dipercaya masyarakat menjabat sebagai Ketua RW 007 ini bahu membahu melakukan perbaikan jalan rusak sepanjang 240 meter di lingkungan Komplek Taman Lopang Indah (TLI), Kelurahan Lopang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Minggu (26/3). Tak hanya perbaikan jalan, masyarakat juga melakukan normalisasi saluran air akibat pendangkalan.

Muhammad Gultan mengungkapkan bahwa kerja bakti ini merupakan salah satu bentuk ajakan bergotong royong yang kini memang sudah jarang terlihat. Terlebih Komplek perumahan yang berada di pusat Kota Serang ini dihuni dari berbagai etnis suku dan agama perlu dibangkitkan rasa kebersamaan. Terlepas dari itu, kata jebolan Akmil 1986 ini, perbaikan jalan akses masuk perumahan ini sudah sangat mendesak karena banyak lubang sehingga sering terjadi kecelakaan bisa dijadikan ajang kebersamaan.

"Jalan ini merupakan daerah titik rawan dan sering dikeluhkan masyarakat karena sering terjadi kecelakaan dikarenakan jalanan yang berlubang. Lebih-lebih para pengendara yang melintas pada malam hari pasti jatuh," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan perbaikan jalan dana swadaya masyarakat tersebut dilakukan melalui tambal sulam dengan bahan material batu koral (split) yang ditaburkan untuk menutup pada setiap titik jalan yang berlubang. "Untuk tahap awal, kami lakukan dengan cara menutup lubang dengan batu split. Minggu depan Insya Allah, jalan yang ditutupi split akan kami lapisi dengan semen cor," ungkap pria asal Palembang yang pernah menjabat Komandan Denpom Serang tahun 2002 ini.

Sementara itu, Rahmat, 50, salah seorang warga mengatakan masyarakat Komplek Taman Lopang Indah sangat beruntung bisa dipimpin oleh salah seorang TNI aktif berpangkat Kolonel yang setingkat dengan jabatan Komandan Korem. Dikatakan Rahmat, sosok Muhammad Gultan ini nampaknya ingin mengimplementasikan jiwa TNI untuk membangun kebersamaan persatuan yang saat sangat langka di kota.

"Ini patut dicontoh untuk pejabat lainnya, baik dari institusi TNI, Kepolisian atau sipil. Di sini (Komplek TLI, red) banyak dihuni pejabat dari berbagai instansi pemerintah, tapi karena kesibukannya mengakibatkan tidak ada waktu berkumpul," ungkap Rahmat.(ERN).

KOMENTAR DISQUS :

Top