Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Kesehatan

Konsumsi Kacang-kacangan Perlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Rabu, 15 Februari 2017 08:00:15 wib - Komentar
Kacang-kacangan. (Pixabay)

(Banten88.com):  Mengonsumsi kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, almond dan pistachio mungkin tidak hanya berkontribusi untuk diet yang sehat, tetapi juga memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko kanker usus besar, seperti dibuktikan sebuah studi.

Studi yang dipimpin oleh peneliti dari University of Jena di Jerman menunjukkan bahwa kacang memiliki efek positif pada kesehatan, karena terlibat dalam mengaktifkan pertahanan tubuh untuk detoksifikasi spesies oksigen reaktif.

Spesies oksigen reaktif diciptakan oleh radiasi ultraviolet, berbagai bahan kimia atau metabolit makanan yang berbeda dan dapat menyebabkan kerusakan DNA, yang mengarah ke perkembangan kanker.

Namun, kacang-kacangan dan zat yang dikandungnya, merangsang serangkaian mekanisme pelindung dalam tubuh manusia untuk membuat spesies oksigen reaktif ini menjadi tidak berbahaya, menurut Wiebke Schlormann dari University of Jena.

"Sekarang kami telah mengetahui bahwa kacang penuh zat yang baik untuk jantung dan sistem kardiovaskular, atau yang melindungi terhadap menjadi kelebihan berat badan atau diabetes," ujar Schlormann menambahkan.

Studi yang telah diterbitkan di jurnal Molecular Carcinogenesis itu juga telah menunjukkan kacang memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus besar.

Untuk penelitian ini, tim menyelidiki efek dari lima jenis kacang, yaitu kacang macadamia, hazelnut, kenari, almond dan pistachio. (Sumber : Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top