Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Politik

KPU Banten Lantik Relawan Demokrasi

Minggu, 04 September 2016 19:06:48 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com):Sejumlah  relawan demokrasi diharapkan  dapat meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017 mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten Agus Supriatna usai melantik Relawan Demokrasi se Banten di Aula KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Sabtu (3/9).

“Kita merasa optimis dengan adanya relawan demokrasi ini mampu mencapai target angka partisipasi yakni sebesar 78 persen,” kata Agus usai acara.

Dijelaskan Agus, sebelum menetapkan dan melantik sebanyak 48 Relawan Demokrasi, yang terdiri dari relawan demokrasi tingkat provinsi berjumlah 8 orang, dan masing-masing 5 orang untuk Kabupaten/Kota.

Dirinya mengaku, dalam proses rekrutmen pihaknya melakukan secara terbuka dan akuntabel, serta di umumkan secara terbuka. “Perlu diketahui, angka partisipasi pada Pilkada Serentak 2015, sangat rendah, kalau dirata-ratakan angka partisipasi 55 persen. Kita termasuk kategori partisipasi terendah, dan Banten masuk peringkat ketiga,” jelasnya.

Agus memaparkan, setidaknya ada lima segmen pemilih yang menjadi sasaran relawan demokrasi, yakni pemilih pemilih pemula, pemilih perempuan, disabilitas, masyarakat terpinggirkan dan kelompok keagamaan.

“Relawan demokrasi, meyakinkan pilkada ini bukan hanya milik penyelenggara (KPU/Bawaslu), partai politik, pemerintah daerah, tetapi pilkada milik kita semua,” katanya.

Ditambahkan Agus, dengan adanya Relawan Demokrasi tersebut angka partisipasi dapat meningkat dari semula 55 persen menjadi 78 persen.(AZM).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top