Indonesia English
Selasa, 11 Desember 2018 |
Politik

KPU Lebak Bakal Coret Bacaleg, Jika Melebihi Kuota

Selasa, 05 Juni 2018 20:20:35 wib - Komentar
Sosialisasi pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Lebak tahun 2019.

Lebak,(Banten88.com):Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten  Lebak akan mencoret Bakal Calon Legislatif yang berada di nomor urut paling terbawah di setiap daerah pemilihan (dapil)-nya. Pernyataan itu disampaikan  Komisioner KPU Lebak Sri Astuti Wijaya dalam acara sosialisasi pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Lebak tahun 2019.

"Bacaleg menduduki nomor urutan terbawah akan dicoret jika melebihi jumlah kuota kursi 100 persen. Misal, dapil 5 ada enam kursi namun yang didaftarkan sebanyak delapan, maka KPU akan coret nama terbawah,"kata Sri kepada peserta sosialisasi di ruang aula Kantor KPU Lebak beum lama ini.

Sri menjelaskan, pencoretan akan dilakukan oleh KPU. Hal itu terkait ketentuan sesuai alokasi kursi masing-masing setiap Partai Politik di setiap Dapilnya.  "Selain harus menempatkan bacaleg tidak boleh melebihi jumlah kursi sampai 100 persen. Parpol juga harus menyiapkan Bacaleg keterwakilan perempuan 30 persen,"katanya.

"Misalkan jatah enam kursi maka harus ada dua orang perempuan yang masuk dalam bursa pencalonan. Rumusnya 3 kursi satu perempuan, kalau 9 kursi maka tiga orang perempuan begitu seterusnya," jelas Sri.

Selanjutnya Sri mengungkapkan, dalam waktu dekat operator KPU akan mengikuti bimbingan teknis ke Jakarta dan Setiap Parpol diminta segera mengajukan Lo dan operator masing-masing.   "Pengajuannya dilengkapi dengan surat mandat Partai. Karena akan banyak data di upload melalui aplikasi sistem informasi pencalonan  sesuai peraturan KPU,"jelasnya.

Terhitung dari tanggal 04-17 Juli, masing-masing operator Parpol sudah mulai mengunggah syarat administrasi pencalonan melalui aplikasi silon. (Eli)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top