Indonesia English
Minggu, 05 Juli 2020 |
Nasional - Politik

KPU Provinsi Beri Laporan Persiapan Pilkada Sudah 99 Persen

Selasa, 08 Desember 2015 17:54:25 wib - Komentar

Serang, (Banten88.com) – Pelaksanaan Pilkada serentak Rabu, (9/12) besok, dipastikan dalam keadaan siap. Empat wilayah di Provinsi Banten yang akan melaksanakan pemilihan Bupati dan Walikota dilaporkan sudah memasuki masa tenang dan tinggal menunggu pelaksanaan pemilihan yang dilakukan diseluruh nusantara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Agus Supriatna kepada wartawan mengatakan, dia sudah bisa memastikan persiapan Pilkada serentak di Banten jika dihitung dalam kalkulasi persentase keadannya sudah mencapai 99 persen. Keadaan itu setelah menerima laporan dari KPU Kabupaten dan Kota yang semua sudah menjalankan tahapan-tahapannya.

“Kita telah melakukan rapat evaluasi dengan seluruh penyelenggara pilkada di kabupaten/kota, mereka menyatakan siap. Persiapan sudah dipastikan 99 persen, jadi dengan asumsi akhir satu persennya terserah Allah.,” ujar Agus Supriatna, Selasa (8/12).

Dikatakan Agus, dia mengakui jelang pelaksanaan pencoblosan disemua daerah yang melakukan Pilkada akan terjadi kerawanan pelanggaran. Kerawan itu terjadi dari aksi mobilisasi aparatur sipil negara, politik uang, dan kampanye hitam terhadap pasangan calon yang menjadi pesaingnya. Sejauh ini, sejumlah laporan maupun temuan terkait dugaan pelanggaran tersebut sudah banyak yang disampaian baik melalui KPU maupun Panwas.

“Kita telah dilapori adanya berbagai pelanggaran. Laporan dari Banwaslu, paling tinggi terjadi di Tangsel dengan tingkat pelanggaran biasa. Namun dari dugaan kita, kerawanan pelanggaran bisa saja terjadi di semua daerah dan itu bisa berpotensi,” tukasnya.

Untuk itu sambung Agus, dia menghimbau baik kepada pasangan calon yang ikut berkontestan maupun kepada pendukung untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dengan tindak melakukan tindakan yang menyebabkan akibat hukum. “Kita harus sukseskan hajat lima tahunan ini, semoga pesta demokrasi ini dapat berjalan lancer dan damai,” katanya.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) Provinsi Banten, Pramono U Tantowi ketika dikonfirmasi mengatakan, hingga menjelang pelaksanaan pencoblosan pihaknya sudah menerima berbagai laporan pelanggaran. Dari laporan yang dia terima, menyangkut terhadap dugaan pelanggaran yang masuk kepada Panwaslu Kota Tangsel sebanyak 107 laporan. Rata-rata laporan tersebut berasal dari setiap pasangan yang melaporkan berbagai tindakan pada saat melakukan kampanye..

“Yang tinggi itu di Tangsel, dari laporan yang diterima rata-rata setiap calon saling melaporkan, dan dari banyaknya laporan itu semua masuk ranah pidana karena hanya menyangkut etik dan pelanggaran biasa saja,” ujarnya.

Menurut Pramono, angka tersebut berbeda jauh dengan jumlah laporan pelangaran di tiga daerah lainnya. Dari data yang diterima di Kota Cilegon, sebanyak 11 laporan dan temuan pelanggaran, Kabupaten Pandeglang sebanyak 12 laporan, dan Kabupaten Serang sebanyak enam laporan dan temuan yang semuanya tidak menyangkut pada pelanggaran pidana. (Han)

KOMENTAR DISQUS :

Top