Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Ekonomi dan Bisnis

KSU KARYA NUGRAHA JAYA ATASI LIMBAH SAPI DENGAN MENJADIKAN PUPUK ORGANIK

Rabu, 07 November 2018 20:18:23 wib - Komentar
IDING KARNADI

KUNINGAN (Banten88.com) :KAWASAN Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan merupakan sentra pengolahan susu sapi terbesar di kabupaten tersebut bahkan mungkin se Wilayah III Cirebon meliputi Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

Seperti dituturkan Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Karya Nugraha Jaya,  Iding Karnadi pada media cyber Banten88.com (Rabu 7/11/2018) dalam sehari diproses 36.000 liter susu sapi segar yang dipasok dari sekitar 900 anggota koperasi. Selanjutnya susu yang sudah melewati proses sterilisasi, masih ungkap Iding Karnadi, dijual ke Pabrik Susu Ultra Jaya di Bandung dan ke PT. Diamond Cibitung Bekasi serta sebagian lagi untuk memenuhi kebutuhan home industri pembuatan yoghurt (susu asam segar).

KOTORAN SAPI DIJADIKAN PUPUK

Selanjutnya media ini bertanya, bagaimana solusinya terkait masalah mengatasi limbah atau kotoran sapi yang menimbulkan bau kurang sedap ?. Iding menjelaskan, masalah limbah sapi itu tanggungjawab masing - masing peternak yang punya sapi. Masih papar ketua KSU Karya Nugraha Jaya ini, mereka harus bisa mengamankan limbah ternaknya sendiri, pinta Iding dengan tegas. Namun demikian pihak pengurus koperasi juga tidak tinggal diam. " Kami pengurus koperasi sudah membuatkan Ipal yakni semacam kolam penampungan limbah, dengan maksud agar air limbah yang mengalir ke sungai sudah lebih jernih ", terang Iding yang memimpin KSU Karya Nugraha Jaya sejak 2012. Kami juga memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh anggota, bahwa kotoran sapi bisa dimanfaatkan untuk pupuk yang bisa menyuburkan tanaman. Koperasi juga memfasilitasi anggota untuk membuat semacam " Saung "  yakni sarana penampungan kotoran hewan  dengan fasilitas kredit tanpa bunga. Untuk program ini sudah banyak anggota yang memanfaatkannya, tutur Iding.

 Langkah kami untuk mengatasi limbah (kotoran) sapi tidak berhenti disitu saja. Disamping langkah yang sudah kami lakukan yakni membuat Ipal dan " Saung " dan memberi motivasi kepada anggota bahwa kotoran sapi berguna sebagai pupuk kandang. Pengurus koperasi juga telah meminta bantuan kepada Pemkab Kuningan untuk menyiapkan lahan guna penampungan kotoran hewan. Pihak Pemkab Kuningan merespons permohonan kami dan telah menyiapkan lahan 7000 meter persegi di wilayah Cipari. Kawasan tersebut akan kami kelola untuk pembuatan pupuk organik dengan metode pengeringan, lalu menambah zat atau bahan natural lainnya agar kandungan pupuk yang kami kelola benar - benar bisa diandalkan kegunaannya, ujar Iding lagi.

Lalu apa manfaatnya menjadi anggota KSU Karya Nugraha Jaya ?, tanya Banten88.com selanjutnya. Sang ketua menjelaskan, manfaat menjadi anggota koperasi antara lain :

1. Para anggota tidak akan mengalami kesulitan dalam menjual susu sapi karena ada kepastian soal pembelian.

2. Harga susu dijamin stabil

3. Anggota memperoleh kemudahan dalam ketersediaan pasokan pakan sapi yang dijamin pengurus koperasi.

4. Kesehatan sapi dijamin.

5. Anggota dibantu pengurus untuk memperoleh kredit kepemilikan sapi.

6. Jika tak punya agunan, ada KUR yang bisa difasilitasi pengurus.

Banten88.com bertanya lagi, dikisaran berapa harga seekor sapi yang sudah bisa diperah susunya ?. Iding mengatakan, harga per ekor dikisaran antara Rp. 20 juta sampai Rp.24 juta, namun semua itu tergantung dari performansi sapi itu sendiri. Sapi - sapi tsb

dalam sehari (pagi - sore) setiap ekor bisa diperah susu sekitar 12 liter. Jika harga jual ke koperasi per liter Rp.5.500,-  maka anggota bisa memperoleh pendapatan per hari Rp.66. 000,- dari satu ekor sapi yang diperah. Anggota koperasi rata - rata memiliki 4 ekor sapi bahkan ada yang lebih.

Lalu berapa anggota (peternak sapi) memperoleh SHU (Sisa Hasil Usaha) tiap RAT (Rapat Anggota Tahunan) tanya Banten88.com selanjutnya ?. " Kita tidak menyebut SHU tapi Sisa Partisipasi Anggota (SPA) jumlah yang diperoleh anggota tidak bisa dipukul rata karena semua tergantung keaktifan anggota dalam berkoperasi ", jawab Iding Karnadi yang didalam ruang kerjanya ditaburi berbagai penghargaan baik dari tingkat Kabupaten, Provinsi maupun penghargaan dari tingkat Pusat.

PELUANG BISNIS MINUMAN HANGAT

Dalam pengamatan media cyber Banten88.com dengan pasokan susu yang stabil dan melimpah dengan harga murah yakni hanta Rp.6000,- per liter yang dikelola KSU Karya Nugraha Jaya yang dipimpin Iding Karnadi, sebenarnya ini sebuah peluang yang manis untuk bisnis susu hangat, susu dingin di musim kemarau atau aneka minuman yang berbahan dasar susu sapi.

Tapi sayangnya peluang ini belum ditangkap para pebisnis di Kuningan. Dikota yang berhawa dingin ini, jarang ditemui pedagang yang menjajakan minuman susu segar panas. Ini berbeda dengan di kota Boyolali di Jawa Tengah, minuman susu segar mendominasi pusat jajan dari tingkat cafe, mall hingga pedagang kakilima. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top