Indonesia English
Jumat, 22 Maret 2019 |
Pendidikan

Kuota Haji Bakal Bertambah, Kemenag Banten Lakukan Sosialisasi

Kamis, 12 Januari 2017 21:36:43 wib - Komentar
Kepala Kemenag Kanwil Banten A Bazari Syam.

SERANG,(Banten88.com):Pemerintah Indonesia pada tahun 2017 ini mendapatkan penambahan kuota haji oleh Pemerintah Arab Saudi dari 168.800 menjadi 221.000 orang. Dengan bertambahnya kuota haji ini Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Provinsi Banten bersama-sama dengan Kemenag kabupaten/kota akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Kemenag Kanwil Banten A Bazari Syam mengungkapkan, rasa bahagianya dengan kepastian dari pemerintah pusat akan penambahan kuota haji tahun 2017. Dengan penambahan kuota haji tersebut tentunya akan berdampak terdaftar tunggu atau waiting list calon jamaah yang akan berangkat ke tanah suci menjadi berkurang.

“Kami ucapkan syukur alhamdulillah. Artinya lobi oleh Pak Menteri Agama ke. Kerajaan Arab Saudi berhasil. Kuota haji untuk Indonesia nambah, artinya kita juga akan mendaptkan tambahan dari kuota sebelumnya yang hanta 6.788 jamaah. Dan kalau sudah ada kepastian berapa penambahannya, maka kami bersama-sama dengan kabupaten/kota mensosialisasikannya kepada masyarakat,” katanya, ketika dihubungi, Kamis, (12/1).

Dijelaskan Bazari, pengumuman penambahan kuota jamaah haji yang disampaikan oleh pemerintah pusat pada Rabu kemarin, saat ini masih dibahas di Kementerian Agama.

“Kalau untuk penambahan Banten sendiri, berapa penambahan kuota hajinya, kami sendiri belum tahu. Tapi kalau kembali lagi ke kuota awal, jatah jamaah haji Banten itu sebanyak 8. 541,” ungkapnya.

Menurut Bazari, sejauh ini belum ada arahan ataupun instruksi mengenai penambahan kuoata haji di Banten. "Pokoknya kami menunggu informasi lanjutan dari pemerintah pusat saja. Kabar gembira ini, membuat kami senang, dan yang jelas akan mengurangi daftar tunggu," ungkapnya.

Bazari pun mengaku hingga saat ini belum mengetahui, mekanisme pembagian secara nasinponal dari penambahan kuota haji yang baru saja disampaikan. Termasuk untuk penambahan haji disetiap kabupaten/kota. "Kita tunggu saja, seperti apa kebijakan itu. Karena kita juga belum dapat kepastian akan mendapatkan penambahan berapa, dan akan dibagi berapa banyak kesetiap daerah di Banten," katanya.

Sebagaiamana diketahui, Presiden Jokowi menyebutkan kenaikan kuota haji Indonesia merupakan tindaklanjut dari kunjungannya ke Arab Saudi pada September 2015 lalu, termasuk hasil pertemuan dengan pihak Kerajaan Arab Saudi di Tiongkok pada September 2016. Pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Haji dan Umroh telah memutuskan untuk mengembalikan kuoat haji Indonesia dari 168.800 menjadi 211 ribu. 

“Indonesia memperoleh kenaikan sebanyak 52.220. Indonesia menyampaikan penghargaan tinggi kepada pemerintah Arab Saudi,”katanya. (Okan).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top