Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Peristiwa

Kuota Haji Provinsi Banten Jadi 9.420 Orang

Senin, 27 Maret 2017 09:52:26 wib - Komentar
Seleksi Tin pemandu Haji Daerah.

SERANG ,(Banten88.com):Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten menyatakan, kuota keberangkatan jemaah calon haji untuk Provinsi Banten tahun 2017 bertambah. Semula kuota haji Banten hanya 6.788 orang, namun terjadi penambahan 1.699 orang menjadi 8.487 orang, dan ditambah lagi dengan kuota tambahan nasional sebanyak 10.000 jemaah, dan Provinsi Banten mendapatkan tambahan kuota 936 orang. Sehingga total kuota Banten tahun 2017 ini sebanyak 9.420. Demikian dikatakan, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Banten H. Ubik Baihaqi.

“Normalnya kuota haji Banten itu 8.487 orang. Dan kuota haji untuk Banten tahun ini lebih dari normal. Mulai tahun ini kita mendapat kuota 9.420 orang,”ujar Ubik, yang didampingi Kasi Perjalanan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Banten H Seiko, saat menjadi panitia seleksi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)  Provinsi Banten, di Kanwil Kemenag Banten, Sabtu, (25/3).

Ubik mengatakan, dengan mendapat kepastian dari Kementerian Agama RI mengenai penambahan kuota haji untuk Provinsi Banten. Selanjutnya Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten akan membagikan kuota tersebut ke delapan kabupaten/kota. Selain itu, dengan adanya penambahan kuota haji ini, sehingga mengurangi waiting list atau daftar haji Banten yang semula selama 21 tahun kini menjadi 15 tahun.

“Jadi pengurangan waiting list haji dan kepangkas selama enam tahun,”katanya.

Sementara itu, Kasi Perjalanan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Banten H Seiko  menambahkan, saat ini persiapan haji sedang menunggu estimasi porsi haji. Karena porsi haji yang berhak berangkat adalah calon jamaah yang sudah melunasi pembayaran haji di tahun 2017. Pelunasan haji pada bulan April sudah mulai dilakukan, dan selama 15 hari kerja.

“Saat ini kita masih tunggu arahan dari Kemenag RI. Kemungkinan Minggu depan sudah ada kabar. Dan kita juga masih mendata tahapan persiapan pelunasan haji,” katanya.(Azm).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top