Indonesia English
Minggu, 21 Januari 2018 |
Seputar Banten

Kursus Mahir Dasar Bagi Pembina Pramuka Kwaran Kibin 2017

Sabtu, 28 Oktober 2017 18:08:24 wib - Komentar
Kegiatan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar dilingkungan Kwaran Kibin di SMK Insan Mulya, Sabtu (28/10/2017). (Foto:Iman).

Serang,(Banten88.com):Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi pembina se kwartir ranting gerakan pramuka kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, tahun 2017 digelar.

Kegiatan peningkatan kompetensi para pembina pramuka itu dilaksanakan dari tanggal 28 Oktober sampai 2 November 2017.

KMD berlangsung di SMK Insan Mulya, kampung Tegal Panjang, RT 02 RW 01, Desa Kibin, kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. Peserta yang terdaftar berjumlah 47 orang yakni 18 peserta laki laki dan 29 perempuan. Delegasi dari Kwaran Kibin sebanyak 46 orang dan 1 orang dari kwartir ranting kecamatan Kopo. Pemateri KMD yakni Suwirya, S.Pd, Fahruroji, S.Pd, N IIM Komariyah, S.Pd, H Yayat Dimyati, M.Pd, Wakiyo Hadi, M.Pd, Jaenudin, S.Pd, Ningsih M.Pd.I, Iwan Kurniawan, M.Si, Said, S.Pd, Atik Rostika, M.Pd.I, Aaat Supriyadi, M.Si dan Drs. H Jajang Kusmara, M.Pd.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua harian Kwarcab Kabupaten Serang Drs H. Jajang Kosmara, M.Pd.

Ketua harian Kwarcab Kabupaten Serang Drs H. Jajang Kosmara, M.Pd mengatakan, aktivitas kegiatan pramuka Kwartir Kecamatan Kibin ratingnya tinggi baik yang aktif di kegiatan Kwarcab Serang maupun Kwarda Banten ini merupakan capaian prestasi yang bagus. Peserta KMD selain mendapat tambahan pengetahuan tentang kepramukaan juga dapat lisensi yang sah seperti Surat Hak Bina (SHB), Surat Hak latih (SHL) juga KTA.

“Kami berharap seluruh unsur pengurus Kwarran Kibin bekerja sesuai dengan tupoksi. Kegiatan KMD ini adalah sesi terakhir di tahun 2017 ini. Kegiatan ini bagian dari penambahan pengetahuan, ketrampilan dan sikap jadi hendaknya betul-betul diikuti oleh seluruh peserta secara tuntas. Semoga ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,”harap Jajang.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan KMD, Sadili, M.Pd mengatakan, seluruh peserta KMD terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari pagi sampai malam. Meski dengan susah payah namun seluruh peserta ikhlas mengikuti kegiatan guna peningkatan kompetensi para pembina

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah membantu sehingga kegiatan KMD dapat terlaksana sesuai dengan jadwal. Melalui kegiatan KMD kompetensi para pembina meningkat sehingga dapat berimbas pada masing-masing pangkalan gugus depan,”kata Sadili kepada Banten88.com, Sabtu (28/10/2017).

Di tempat yang sama, Kepala Pusdiklatcab Serang, Suwirya, S.Pd menambahkan, materi kegiatan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar bagi pembina pramuka di lingkungan Kwarran Kibin tahun 2017 adalah orientasi kursus, pre test, dinamika kelompok, mengenal Undang-undang nomor 12 tahun 2010, Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka, kepramukaan, sejarah dan pendidikan, prinsip dasar dan metode kepramukaan, kode kehormatan, kiasan dasar, motto, program kegiatan peserta didik (Prodik), prodik pramuka siaga, prodik pramuka penggalang dan prodik pramuka penegak dan pandega. Memahami peserta didik dan kebutuhannya, menciptakan kegiatan yang menarik, menantang dan mengandung dan lain- lainnya. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top