Indonesia English
Minggu, 22 Juli 2018 |
Hukum dan Kriminal

Lahan Perhutani di Blok Panyaungan Rusak

Sabtu, 07 Oktober 2017 08:36:23 wib - Komentar
(Foto : Banten88.com)

Lebak, (Banten88.com): Lahan penyangga hutan di area Perhutani KRPH Panyaungan timur Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten masuk pada Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Bayah kini kondisinya rusak parah.

Rusaknya hutan milik Perhutani tersebut diduga akibat ulah oknum perambah hutan yang kerap menebang kayu untuk kepentingan pribadi.

Kini kondisi alam di sepanjang jalan Raya Malingping - Bayah tepatnya di wilayah kawasan Perhutani Cibobos hingga Panyaungan menjadi gersang tanpa rindangnya pohon tanaman Perhutani.

Petugas Perhutani terkesan membiarkan,padahal hutan penyangga tersebut adalah "imbrigh" atau penahan angin dan arus, selain itu kawasan tersebut termasuk zona wisata.

"Dulu di sepanjang jalan yang berada di kawasan Perhutani mulai dari Panyaungan sampai Cibobos begitu rindang, bermacam-macam binatang dan ekosistem lainya masih terjaga kelestarianya," kata Didin Jamaludin aktivis lingkungan Lebak Selatan kepada Banten88, jumat (06/10/2017).

Menurut Didin, selain itu lahan Perhutani kini telah beralih pungsi menjadi lahan pertanian, pengalihan pungsi tersebut tanpa dasar hukum yang jelas itu merupakan sebuah pelanggaran.

"Beralih pungsinya lahan Perhutani menjadi lahan pertanian yang di garap oleh pihak lain itu harus ada dasar hukumnya,tanpa itu berarti pelanggaran," kata Didin lagi.

Sementara KRPH Panyaungan Timur, Saprudin mengaku sangat prihatin melihat kondisi lahan Perhutani di areal kawasan RPH Panyangungan yang rusak dan beralih pungsi akibat ulah oknum yang sengaja untuk kepentingan pribadinya.

"Saya pada prinsifnya sangat menyesalkan hutan produktif dan hutan penyangga menjadi rusak," ujar Saprudin.(Eli) 

KOMENTAR DISQUS :

Top