Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Hukum dan Kriminal

Lakalantas Tol Tangerang-Merak Libur Lebaran Naik 30 Persen

Rabu, 13 Juli 2016 18:45:09 wib - Komentar
Kepala PJR Induk Serang Timur, Kompol Aditya GF Lubis sedang mengatur lalu lintas.

Serang,(Banten88.com): Angka  kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Tol Tangerang - Merak pada H-7 hingga H+5 pada musim libur lebaran Idul Fitri 1437 H/2016, mengalami kenaikan sebesar 30 persen dibanding libur yang sama pada 2015 lalu. Meski mengalami kenaikan namun kecelakaan di jalur bebas hambatan ini tidak menimbulkan korban meninggal dunia. Demikian dikatakan Kepala PJR Induk Serang Timur, Kompol Aditya GF Lubis, Rabu (13/7).

Dijelaskan Kompol Aditya GF Lubis, pada tahun 2015 tercatat ada 30 kasus lakalantas dengan korban meninggal dunia 1 orang, sedangkan untuk musim lebaran Idul Fitri tahun 2016 sebanyak 39 kasus kecelakaan.

Menurut Aditya, meningkatnya angka kecelakaan di tol Tangerang-Merak, lebih didominasi faktor pengemudi serta kondisi kendaraan. Untuk faktor kendaraan, kata PJR Induk , kurangnya kontrol pada kendaraan, seperti ban serta rem. Sedangkan faktor pengemudi karena kurang memperhatikan kecepatan dan terlalu memaksakan diri meski dalam kondisi lelah sehingga kurang konsentrasi saat berkendara.

"Pengguna tol sering mengabaikan kultur berkendaraan berupa pemahaman berkendara. Terutama, paham dan sadar bahwa fisik pengemudi ketika melaju harus benar-benar prima, selain mematuhi marka dan rambu lalu lintas sepanjang jalan tol yang relatif lurus," tambah dia.

Selama masa mudik lebaran Idul Fitri, lanjut Aditya, pihaknya juga telah mengeluarkan surat bukti pelanggaran (tilang) sebanyak 42 lembar surat tilang, naik sebesar 82 persen dari tahun 2015 yang hanya 23 surat tilang.

"Untuk penindakan masih didominasi kendaraan bus yang melakukan aktivitas naik turunkan penumpang di bahu jalan tol," terang Aditya.(PES).

KOMENTAR DISQUS :

Top