Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Nasional - Politik

Laskar PDIP Minta Rini dan Andi di Reshuffle

Jumat, 26 Juni 2015 20:26:46 wib - Komentar
Masinton Pasaribu Politisi PDIP.

Jakarta, (Banten88.com) – Isu perombakan terhadap kabinet Presiden Joko Widodo kembali santer dibicarakan. Dari sas sus yang beredar, trio singa Rini Soemarno, Andi Widjajanto dan Luhut Panjaitan kabarnya bakal ter-eliminasi dari pemerintahan Jokowi. Namun kabar terakhir, Luhut Panjaitan katanya masih dipertahankan oleh Jokowi.

Menanganggapi isu reshuffle tersebut, politisi PDIP Masinto Pasaribu kepada wartawan mengatakan, dia mendengar kabar dua personel trio singa, yakni Rini Soemarno dan Andi Widjajanto akan kena reshuffle dan meninggalkan jabatannya. Saat ini, Rini merupakan Menteri BUMN dan Andi merupkan Sekretaris Kabinet.

"Kalau informasinya kedengarnya begitu, denger kabar yang berseliweran tapi belum terkonfirmasi. Publik sudah tahu untuk Rini dan Andi dianggap kinerjanya buruk dan kemudian tidak menopang program Nawa Cita Presiden," kata Masinton di Jakarta, Jumat (26/6).

Dikatakan anggota Komisi III DPR ini, dari beberapa penilainya, Rini mempunyai kinerja yang buruk. Pengelolaan BUMN lewat Penyertaan Modal Negara dinilainya tidak efektif, selama ini kebijakannya tidak ada yang populis.  "Dari beberapa penilaian itu yang menurut kita menjadikan dia layak diganti," tegasnya.

Dari beberapa catatan yang diperoleh lanjut Masinton, Andi Widjajanto dinilai telah beberapa kali membuat kesalahan yang blunder. Misalnya, saat kasus Peraturan Presiden tentang tunjangan Down Payment mobil pejabat, Perpres itu lantas menuai kritikan dan dianggap tidak populis. "Semua itu karena ketidakjelian Andi dalam menyikapinya," tandasnya.

Selain itu beber Masinton, dia juga menyoroti saat Andi mendeklarasikan bahwa dirinyalah yang membuat naskah pidato Jokowi dalam Konferensi Asia Afrika. "Kalau dia akademisi yang arif, sebenarnya itu tidak perlu dideklarasikan, karena pidato itu adalah buah pikiran Presiden, dikerjakan secara teknis oleh tim bukan hanya Andi seorang,"  tukasnya.

Seperti diketahui, trio singa adalah julukan yang diberikan untuk tiga tokoh yang ada dalam pemerintahan Jokowi, yakni Rini Soemarno, Andi Widjajanto, dan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan. Bila benar Andi dan Rini dicopot dari pemerintahan, tinggal Luhut saja personel trio singa yang tersisa.

Dua dari tiga menteri yang kerap disebut trio singa yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menseskab Andi Widjajanto dikabarkan akan kena rotasi kabinet. Ada seorang yang dicopot dan seorang lagi digeser. Namun Luhut Panjaitan kabarnya masih sangat kuat di posisinya. Jenderal purnawirawan TNI itu kabarnya masih akan tetap menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Isu santernya Menteri Rini akan diganti sementara Andi Widjajanto akan meninggalkan posisi Menseskab yang konon akan diisi oleh Pramono Anung. Sementara Andi akan digeser ke posisi lainnya. Reshuffle sendiri akan diumumkan setelah lebaran nanti. Hingga kini hanya Presiden Jokowi yang tahu posisi terakhir menteri yang mendapatkan rapor merah dan terancam reshuffle kabinet.

Rini dan Andi selama ini kerap mendapat sorotan dari elite PDIP. Tak sedikit elite PDIP yang menghendaki dua menteri ini direshuffle. Alasannya banyak mulai dari dianggap menutup akses Jokowi ke partai, sampai kepada kinerjanya yang dianggap tidak berhasil. Lalu apakah reshuffle kabinet pasca lebaran nanti benar-benar akan jadi akhir perjalanan duo singa.

"Pendapat dari kader kita yang kurang Menteri BUMN Rini Soemarno, Seskab Andi Widjajanto. Kemarin juga dia mengakui membuat kelalaian, kewenangan di staf kepresidenan tidak boleh melampaui menteri. Luhut bukan menko," urai Masinton. (Dang). 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top