Indonesia English
Kamis, 22 Februari 2024 |
Nasional - Politik

Lelang Jabatan Ditabrak, Ranta Nyalip Jadi Sekda Kalahkan Neng Nurcahyati

Rabu, 02 September 2015 22:26:05 wib - Komentar
Ranta Suharta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Banten.

Serang, (Banten88.com) – Keputusan Presiden Joko Widodo akhirnya mengabulkan usulan Gubernur Banten Rano Karno untuk memberhentikan Kurdi Matin dan mengangkat Ranta Suarta sebagai penggantinya. Keputusan tersebut setelah Rano menerima salinan Keppres nomor 134/M Tahun 2015, tertanggal 24 Agustus 2015, tentang   pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi madya di pemerintahan Provinsi Banten.

Gubernur Banten Rano Karno ketika dokonfirmasi wartawan mengatakan jika persoalan Keppres pemberhentian Kurdi Matin sudah selesai. Pernyataan Rano itu menyusul telah terbitnya Keppres pemberhentian Kurdi Matin sebagai Sekda Banten yang sudah ia terima. Dengan tegas dia mengaku akan melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Banten, Ranta Suarta sebagai Sekda Banten, pada Kamis (3/9) besok.

“Kita mau gerak cepat. Yah benar, Pak Ranta akan dilantik besok. Rencananya pelantikan akan dilakukan di aula Setda Banten,” katanya.

Lebih lanjut Rano menyampaikan, pilihannya memilih Ranta untuk menggantikan kursi Sekda pasca ditinggal Kurdi Matin tentu dengan berbagai macam pertimbangan. Dia tahu konsekwensi yang diambil, meski sesudah Kurdi jika mengacu kepada lelang jabatan masih ada daftar tunggu Neng Nurcahyati sebelum Ranta. "Itu pasti, dalam mengeluarkan keputusan ada beberapa alasan, dan tidak mungkin saya mengambil keputusan tanpa alasan, pasti ada," ujarnya.

Dikatakan Gubernur Rano, dipilihnya Ranta Suharta alasannya selain sebagai seorang birokrat berpengalaman, Ranta juga merupakan putra daerah. Ditanya jika mengacu kepada hasil seleksi lelang jabatan sesuai undang-undang ASN, menurut nilai dan posisi peringkat Ranta diketahui menduduki peringkat ketiga. "Ini bukan masalah urutan," katanya singkat tanpa mau mengurai lebih jauh kebijakan apa yang diambil Rano sampai harus melabrak rambu-rambu.

Persiapan agenda pelantikan Ranta Suharta sebagai Sekda Banten sudah terlihat. Jika tidak aral melintang, sesuai beberapa undangan yang tersebar acara pelantikan Sekda akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. Dari informasi yang berhasil dihimpun, selain melantik Ranta, Gubernur Rano juga akan melantik sejumlah kepala Dinas, Badan dan Biro. Rupanya dibalik panggung, nama-nama pejabat yang diusulkan oleh Baperjakat diluar pemerintahan Rano dipastikan akan turut dilantik bersamaan dengan pelantikan Sekda.

“Agenda besok rencannya dengan pelantikan eselon II, komposisinya ada yang digeser, ada juga yang masuk kotak. Kan biasa rolling jabatan dalam sebuah pemerintahan,” ujar salah satu sumber yang minta tidak disebut namanya.

Acara pelantikan Sekda agendanya sengaja dimajukan pada Kamis besok, karena Jum’at lusa Gubernur Rano akan ke berkunjung ke Italia. Namun, lagi-lagi kabarnya Rano membatalkan lawatannya ke Itali dan memilih akan melakukan roadshow ke Cisungsang, Kabupaten Lebak. Sesuai agenda, pada Sabtu, (5/8) Gubernur Rano akan menghadiri acara seren  tahun di Cisungsang.  “Saya denger gak jadi ke Itali, rencananya nanti mau mengikuti acara seren tahun, untuk pastinya saya belum dapat resmi,” ujar sang sumber lagi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten, Deden Apriyandhi ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan jika acara pelantikan akan dilaksanakan besok. Dan saat ini persiapan  pelantikan Sekda pengganti Kurdi sudah diagendakan. ”Betul besok ada pelantikan Sekda. Acaranya pagi  sesuai agenda\,” katanya. (Dang).

KOMENTAR DISQUS :

Top