Indonesia English
Senin, 25 Juni 2018 |
Pendidikan

Lomba Kreativitas Peserta Didik PAUD Kecamatan Kibin Meriah

Selasa, 06 Maret 2018 15:57:42 wib - Komentar
Kegiatan Lomba Kreativitas Peserta Didik PAUD Kecamatan Kibin, tahun 2018 di halaman SMK Insan Mulya Kibin, Selasa (6/3/2018). (Foto:Iman).

Serang,(Banten88.com):Penilik PAUDNI dilingkungan Dindikbud Kecamatan Kibin bersama PKG Gugus PAUD Kibin menggelar Lomba Kreativitas Peserta Didik PAUD (LKPDP).

Kompetisi ini diikuti oleh 25 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di 9 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Kibin. Peserta lomba terdiri dari tiga satuan PAUD yakni TK, Kelompok Bermain dan Satuan PAUD Sejenis (SPS)

Kegiatan berlangsung meriah di halaman SMK Insan Mulya, Kampung Tegal Panjang, Desa Kibin, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang itu, dimulai dari jam 08.00 Wib sampai 13.00 Wib.

 Ada 10 cabang mata lomba yang dipertandingkan. Pada acara pembukaan, Kepala Seksi PAUDNI Dindikbud Kabupaten Serang, Turi Supriadi, S.Pd. secara simbolis menabuh gong pertanda kegiatan bisa dimulai.

Hadir pula dalam pembukaan, Camat Kibin, H. Tabrani, Kepala Desa Kibin, Bunda PAUD Desa se Kecamatan Kibin, para kepala sekolah PAUD, peserta lomba serta orang tua peserta didik.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Eha Julaeha, S.Pd didampingi Arina Fitriyani, S.Pd serta Seksi acara, Sri Ayu Purwasari bersama sekretarisnya Yuda Marga Bahtera mengatakan, LKPDP tahun 2018 ini digelar bertujuan untuk mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma- norma, budi pekerti dan karakter anak. Selain itu, meningkatkan perkembangan motorik kasar dan kesehatan jasmani peserta didik melalui lomba estafet.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dibantu oleh 4 orang selaku panitia teknis. 10 orang panitia inti dan koordinator 11 orang.

“Terima kasih kepeda seluruh panitia, para juri dan kepala UPT Disdikbud Kecamatan Kibin, Bapak Sadili, M.Pd bersama seluruh jajaran Penilik PAUDNI kecamatan Kibin yang telah membantu sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses dari awal sampai akhir,”kata Eha Julaeha, S.Pd dan Arina Fitriani, S.Pd kepada Banten88.com, usai acara, Selasa (6/3/2018).

Di tempat yang sama, Kepala UPT Disdikbud Kecamatan Kibin, Sadili, M.Pd didampingi Kasubag TU, Endin Aslihudin, S.Pd menambahkan, guru PAUD mempunyai tugas yang pertama membuka memori motorik yang berhubungan dengan gerak tubuh. Yang kedua, membuka memori kebahasaan, keberanian kepada peserta didik untuk berbicara, bernyanyi dan bertanya. Selanjutnya, kata Sadili, ucapan terima kasih kepada bunda PAUD desa se kecamatan Kibin yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan PAUD karena bunda PAUD yang memiliki wilayah dan masyarakat.

“Kami selaku tenaga pendidik dan penyelenggara pendidikan mempunyai program dan kurikulum serta tenaga. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi untuk menciptakan penyelenggaraan PAUD di kecamatan Kibin yang harmonis dan kondusif,”ujarnya.

Hasil rekapitulasi perolehan nilai yang sudah mendapatkan rekomendasi dari tim juri, yakni untuk mata lomba do’a peraih juara 1, diraih Ratna Komalasari (Asyifa), juara 2, M Farizki Pratama (TKIT Jauhratunnaqiyyah), juara 3, Nadita Miladia Putri (Nurul Ikhsan). Mata lomba bacaan Surat Pendek, juara 1, diraih Amanda Nurlela (Al Hamidiyah), juara 2, Raffa Ardiansyah (TKIT Jauhratunnaqiyyah), juara 3, Lailatul Mubarokah (Al Jadid). Untuk lomba Adzan, juara 1 diraih Yusuf Maulana (Satap PGRI), juara 2, Fiki Ramdani (Nurul Ikhsan), juara 3, Jundabi (Asyifa). Untuk Menyanyi solo, juara 1 diraih  Afra Maulud (El Jadid), juara 2 Haifa S zahra (Iqlima), juara 3, Zakia Ramdania (Nurul Ikhsan). Untuk Tari kreasi, juara 1, diraih lembaga Ash Sulton, juara 2, An Nida, juara 3 Ash Shohwah. Lomba mewarnai, juara 1 diraih Huryyatun Nufus (Ash Shohwah), juara 2, Umroh Nurfadilah (Satap PGRI), juara 3 Adela Syafira (TKIT Jauhratunnaqiyyah). Kolase, juara 1 diraih Aqliya Kailal H (Iqlima), juara 2, Raya Azahra (Atikan Budi), juara 3, Raisa Dinda Safira (Al Husna). Puzzle, juara 1 diraih Lembaga Sekar Tanjung, juara 2, Bagas Purnomo (Al Ikhlas), juara 3, Yuda Alfaro (An Nida). Lomba balok/lego, juara 1 diraih Aditya Alfin (An Nida), juara 2, M. Hariz Al Farizi (Asyuhada), juara 3, Muhamad Rakha (Iqlima). Untuk Estafet juara 1 diraih oleh timTKIT Jauhratunnaqiyyah, juara 2, tim Kober Jauhratunnaqiyyah, juara 3 tim Sekar Tanjung. Sedangkan yang berhasil menjadi juara umum adalah TKIT Jauhratunnaqiyyah dengan perolehan 7 medali emas. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top