Indonesia English
Minggu, 29 Mei 2022 |
Pemerintahan

Mahasiswa Banten Gelar Semiloka ODMK & ODGJ

Selasa, 13 Oktober 2015 17:24:14 wib - Komentar

Serang.(Banten88.com): Gubernur Banten Rano Karno membuka secara resmi Semiloka “Reinterprestasi Gerakan Sosial Untuk Indonesia Ramah terhadap Orang Dengan Masalah Kesehatan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)” yang berlangsung di Pendopo  Gubernur Banten Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Palima Kota Serang, Banten. Selasa.(13/10). 

Gubernur Banten H. Rano Karno, S.IP dalam sambutanya  memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang mengadakan kegiatan tersebut. “ Langkah konkrit telah ditujukan oleh para mahasiswa yang telah menggalang dukungan dan kekuatan dalam mewujudkan Indonesia yang ramah ODMK dan ODGJ,”tegas Rano.

Karena langkah konkrit dari para mahasiswa sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Banten yang mencanangkan gerakan “ Banten Bebas Pasung Tahun 2019 “. “ Langkah – langkah konkrit yang telah kita bangun adalah untuk memperjuangkan martabat dalam kesehatan jiwa. Kita ingin tidak ada lagi ODMK dan ODGJ yang dipasung, karena pada dasarnya penyakit tersebut bisa disembuhkan,” jelas Gubernur Banten. 

Seperti diketahui terselenggaranya semiloka ini berawal dari inisiatif para mahasiswa Persatuan BEM se- Banten (PBB) atas perlakukan diskriminasi, kekerasan, pengasingan/isolasi sosial dan pengurangan/peniadaan terhadap hak – hak dasar sebagai manusia sering terjadi terhadap Orang Dengan Masalah Kesehatan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Seminar dan Lokakarya mengenai kejiwaan ini merupakan kegiatan pertama kali yang diadakan oleh para mahasiswa Banten di Indonesia. 

Semiloka ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Prov. Banten, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Banten, Kasatpol PP Prov. Banten, anggota FKPD Prov. Banten, serta para mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan BEM se – Banten (PBB).(RIZ).

KOMENTAR DISQUS :

Top