Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Kesehatan

Makanan Asam, Pedas & Gurih Berlebihan Picu Penyakit

Kamis, 12 Januari 2017 13:58:29 wib - Komentar
Ilustrasi makanan pedas (Pixabay).

(Banten88.com):  Masyarakat Indonesia cenderung menggemari makanan asam, pedas dan gurih. Ternyata, konsumsi yang berlebihan akan ketiga hal itu, membuat pengaruh buruk untuk tubuh.

Tren makanan di Tanah Air kini sangat beragam. Dari segi rasa, bahkan sudah sangat bervariasi mulai dengan perpaduan rasa yang berbeda. Terlebih, orang Indonesia sangat menggemari paduan makanan asam, pedas dan gurih.

"Rasa asam itu sendiri bisa meningkatkan asam lambung. Ia memicu cairan asam lambung menjadi tinggi," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Tirza Gwendoline SpPD, kepada VIVA.co.id di RS Evasari, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata Tirza, rasa pedas sendiri memiliki zat yang membuat pembuluh darah menjadi mudah terbuka. Hal ini tentunya berbahaya untuk mereka yang memiliki kondisi yang rentan.

"Bisa memicu amandel pada kasus amandel kronis. Selain itu, pada kasus usus buntu juga, bisa membuatnya semakin meradang," lanjutnya.

Rasa gurih dari garam yang berlebihan, juga memicu penyakit, salah satunya tekanan darah tinggi. Sehingga disarankan untuk tidak konsumsi berlebihan akan ketiga rasa tersebut.

Selain itu, disarankan juga, lanjut Tirza, agar tidak makan malam terlalu larut, untuk hindari asam reflux pada lambung. Hal ini disebabkan lambung yang membutuhkan waktu dua jam untuk mengosongkan makanan yang telah dicerna. (Sumber : Viva.co.id)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top