Indonesia English
Minggu, 25 Agustus 2019 |
Advetorial

MEGA HITS KASIH MAMA MELEDAK TERJUAL LEBIH 1 JUTA COPY USMAN BERSAUDARA HIDUP MEGAH

Minggu, 10 Februari 2019 17:39:27 wib - Komentar
USMAN BERSAUDARA band. Dari kiri ke kanan, Mamo, Usman dan Said sedang Sofyan posisi duduk.

Oleh : Seno Supono

PARUH 70 an, blantika musik pop Indonesia dikuasai berbagai super group. Mereka antara lain adalah Koes Plus, The Mercys, Panbers, Trio Bimbo dan Iin, Dlloyd, The Favourites Group, No Koes. Selanjutnya No Koes pecah muncul Usman Bersaudara. Koes Plus pecah pula menjadi Koes Bersaudara 1977 dan Murrys Group. The Mercys pecah juga muncul Ge and Ge. Sedangkan musisi dari tanah Papua ngetop dengan kugiran (kelompok) Black Brothers. Dibaris selanjutnya ada Franky and Jane, Kembar Group, Madesya Group, Topan Group yang merupakan band imitator Koes Plus dan The Crabs.

Namun kali ini penulis akan membedah eksistensi dan kredibilitas kugiran (kelompok)  terdiri 4 saudara kandung bernama Usman Bersaudara dengan personel Usman (Lead guitar/penulis lagu/penyanyi suara 3), Said ( Bas/penulis lagu/penyanyi suara 2), Sofyan (Drum/penulis lagu/lead vocal) dan si bungsu Mamo (Keyboardis/penulis lagu dan penyanyi).

Usman Bersaudara perlu dikedepankan, karena mereka dianugerahi bakat alam yang luar biasa. Belajar main musik, vocal dan menulis lagu secara otodidak. Eloknya album yang mereka rilis seperti Omong Kosong terdapat mega hits Kasih Mama, Wartawan, Sorry Boy, ACC, Angkat Topi, Hari Kiamat, Kembali, Warung Tegal, Percayalah, Bagai Berselimut Salju dll nya laris manis dipasar kaset. Kelebihan super group ini adalah kepiawaiannya mengambil hati remaja, membuat lyrik sederhana namun mengena dihati. Dan piawai pula membaca lagu - lagu yang bakal meledak.

Musisi Usman Bersaudara pandai nian membaca selera penggemar. Sehingga dari tangan mereka tercetak hits demi hits antara lain : Kasih Mama, Omong Kosong, Wulandari, Sampai Tua, Wartawan, Sorry Boy, Kuberkenalan Diulangtahunku, Kemana, Kembalilah, Mula - mula, Cinta, Feby I Love You, Corina, Apa Guna Pacar Cantik, Melody Untukmu dan masih banyak lagi top hits terlahir dari tangan mereka.

Salah seorang keyboardis Usman Bersaudara Band, Mamo dalam percakapannya dengan penulis, mengungkap aspek penting tentang super group ini yang belum banyak diketahui. Mamo juga dikenal sebai penulis lagu anak legendaris berjudul Abang Tukang Bakso yang tetap tenar hingga saat ini. Ia adalah ayah kandung penyanyi dan presenter Delia Septianti. Berikut ini petikan wawancaranya.

Banten88.com : Berapa lama persiapan album Omong Kosong yang terdapat mega hits Kasih Mama amat tenar pada 1976?

Mamo : Kami berlatih siang malam selama satu bulan sebelum rekaman.

Banten88.com : Lokasi menulis lagu?.

Mamo : Penulisan lagu banyak dikerjakan dirumah namun sesekali kami berkumpul di kawasan Puncak Bogor sekaligus refreshing.

Banten88.com : Berapa jumlah kaset mega hits Kasih Mama yang terjual?.

Mamo : Diperkirakan lebih dari 1 juta copy kaset.

Banten88.com : Bonus apa yang diperoleh Usman Bersaudara dari meledaknya album dengan tajuk Omong Kosong yang ada lagu Kasih Mama?.

Mamo : Kami berempat mendapat bonus mobil baru. Mas Usman memperoleh mobil sedan Toyota Crown, mas Said dan mas Sofyan masing - masing dapat sedan Honda Civic dan saya Suzuki Fronte.

Banten88.com : Bagaimana rasanya jadi orang terkenal dan bisa hidup megah serta banyak gadis mimpi jatuh cinta?.

Mamo : Waduh mas kami happy banget. Wong masih muda - muda sudah dikenal dan banyak penggemar. Yang pasti kami bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikannya. Dan mas Usman selalu mengingatkan, terus berdoa sebelum manggung.

Banten88.com : Kota mana saja di Indonesia yang punya penggemar fanatic dengan Usman Bersaudara Band?.

Mamo : Hampir seluruh kota - kota di Indonesia mas mereka suka Usman Bersaudara.

Banten88.com : Siapa yang dominan menulis lagu?.

Mamo : mas Sofyan dan mas Said.

Banten88.com : Dari keempat musisi Usman Bersaudara, siapa yang punya feeling tajam bahwa lagu Kasih Mama bakal meledak dahsyat dan membuat personelnya hidup megah?.

Mamo : Kami berempat tahu soal lagu yang bagus. Tapi soal keberuntungan hanya Allah SWT yang menentukan.

Banten88.com : Album perdana dan kedua band ini dirilis Indah Musik. Album ketiga oleh Irama Tara. Kenapa Usman Bersaudara pindah perusahaan rekaman dari Indah Musik ke Irama Tara?.

Mamo : Irama Tara dan Indah Musik itu producernya gabungan antara pak Nyo Beng Seng dan pak Asiu. Ketika Irama Tara pecah, muncul Akurama Record yang dipegang pak Asiu. Namun yang paham betul soal recording ya (alm) mas Usman.

Banten88.com : Mega hits Kasih Mama direkam di studio mana?

Mamo : Menyewa studio Musica dan operatornya om Fredie Bule.

(Catatan kaki : Fredie Bule adalah seorang sound man pengalaman yang banyak menangani proses rekaman super group tenar Indonesia).

Banten88.com : Merk alat musik apa saja yang dipakai musisi Usman Bersaudara?

Mamo : Banyak. Mas Usman memakai guitar Gibson dan Fender. Mas Said menggunakan bas Gibson dan Fender. Mas Sofyan dengan drum Premier dan Ludwig. Sedangkan saya memainkan keyboard Yamaha dan Synthesizer.

Banten88.com : Berapa set peralatan band dan sound system yang dimiliki Usman Bersaudara?

Mamo : Band kami punya 3 set peralatan dengan merk Marshall, Fender dan Fox. Bahkan teman-teman group lain juga latihan di studio kami secara gratis. Mereka antara lain Black Brothers, Black Papas, Topan Group (Ari Wibowo dkk), Mara Karma, Orkes Melayu Putri Kendedes, Kembar Group (Alex & Jacob dkk) serta rekan - rekan musisi lainnya.

Banten88.com : Genre musik apa yang sudah dirilis?.

Mamo : Pop Indonesia, Pop Jawa, Pop Melayu, album in Hard Beat dan lain - lainnya.

Banten88.com : Berapa jumlah album yang sudah dirilis selama berkarier?.

Mamo : Banyak sekali mas, saya lupa jumlahnya.

Banten88.com : Kenapa band ini menggunakan organ Yamaha tidak memakai Farfisa yang kala itu sedang top - top nya?

Mamo : Kami juga punya organ Farfisa mas. Kala ituYamaha dan Farfisa sedang booming.

(Catatan kaki : Dibanding Farfisa dengan suara agak lembut, sound Yamaha terasa lebih pas untuk lagu - lagu berirama hard beat. Seperti pada lagu Wartawan, Omong Kosong, Sorry Boy dan Acc, permainan keyboard Mamo dengan suara dominan sangat mendominasi).

Musisi Usman Bersaudara band kini hanya tinggal Sofyan dan Mamo. Sedangkan Usman dan Said telah wafat. Usman adalah ayah kandung musisi muda Rudy Cheesara dan artis Popy Bunga. Sedangkan Sofyan ayah kandung mantan penyanyi cilik tenar Puput Melati yang mengguncang blantika musik pop anak dengan mega hits 1+1 = 2. ***

KOMENTAR DISQUS :

Top