Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Pendidikan

MENAKJUBKAN HUJAN MEDALI EMAS DI SMPN 1 KUNINGAN JAWA BARAT

Rabu, 07 November 2018 17:00:32 wib - Komentar
H.Supriyadi, M.Pd, Kepala SMPN 1 Kuningan, Jabar.

KUNINGAN (Banten88.com) : MESKI pemerintah sudah menghapus istilah sekolah favourite karena pemerintah mengharapkan semua sekolah adalah sekolah favourite. Namun stempel sebagai sekolah favourite yang diberikan masyarakat akan sulit dihilangkan. Salah satu sekolah yang diberi julukan sebagai sekolah favourite adalah SMPN 1 Kuningan Jawa Barat yang dipimpin H. Supriyadi, M.Pd.

Sekolah ini tetap dianggap favourite oleh masyarakat, karena pencapaian prestasi siswanya dalam bidang akademik, seni dan olahraga sangat mumpuni (dahsyat).

Jika ada pomeo mengatakan " Hujan batu dinegeri sendiri dan hujan emas di negeri orang ". Namun yang terjadi di SMPN 1 Kuningan, benar terjadi hujan medali emas karena prestasi para siswa dan siswinya yang luar biasa dan sangat prestisius.

Dalam olympiade mata pelajaran antar SMP se Provinsi Jawa Barat yang  berlangsung di SMPN 2 Bandung tahun ajaran 2018, masih tutur Supriyadi pada media cyber Banten88.com pada Senin (5/11/2018), siswa - siswi perwakilan SMPN 1 Kuningan, Jabar memperoleh 2 medali emas, 2 medali perak dan 1 perunggu. Dengan rincian sbb :

1. Medali emas diraih oleh Aulia Niza Azzahra untuk mata pelajaran IPA.

2. Medali emas lagi diperoleh Thufaila Fainy Alditha pemenang mata pelajaran Bahasa Inggris.

3. Medali perak untuk M. Faisal Rahman dalam lomba mata pelajaran Matematika.

4. Medali perak lagi untuk Halida Yasmin pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

5. Medali perunggu diperoleh Tirta Citra AIP pada lomba pelajaran Bahasa Indonesia.

KAISAR & RATU SENI BERTENGGER

SMPN 1 Kuningan Jabar tidak saja dahsyat dibidang akademik, ternyata di bidang seni, siswa - siswinya juga merajai dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) yang diseleksi sejak tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan level nasional. Dari 5 lomba seni yang dipertandingkan yakni Tari Tradisional, Musik Tradisional, Nyanyi Solo, Lomba Poster dan Guitar Solo. Perwakilan dari SMPN 1 Kuningan menyabet 3 medali emas sekaligus karena memenangkan festival tari tradisional, musik tradisional dan guitar solo. Sedangkan dalam lomba poster dengan tema lingkungan di era milenial memperoleh medali perunggu. Sementara untuk festival nyanyi solo, memperoleh medali perak.

SAPU BERSIH MEDALI EMAS

Yang lebih elok lagi dalam lomba seni sastra meliputi Debat Bahasa Indonesia, Cipta Puisi, Cipta Cerpen dan lomba Story Telling (mendongeng dalam Bahasa Inggris), SMPN 1 Kuningan yang merupakan wakil tingkat Kabupaten Kuningan bertarung di Tingkat Provinsi Jawa Barat, berhasil menyapu bersih semua medali emas.

Kepada Kepala SMPN 1 Kuningan, Supriyadi, media cyber Banten88.com bertanya metode apa yang diterapkan dalam mendidik sehingga siswa siswa bisa jadi " jawara " dibidangnya masing - masing ?. Supriyadi menguraikan  " Ini semua terkait dengan masalah pembinaan siswa. Orang lain baru memikirkan tentang pembinaan ketika keputusan lomba akan diadakan. Kalau kami di SMPN 1 Kuningan sejak awal tahun ajaran sudah menyiapkan semuanya dan memulai dari menyeleksi bakat dilanjutkan dengan  pelatihan - pelatihan ", ungkap Supriyadi.

Dengan demikian, tambah kepsek SMPN 1 Kuningan ini, ketika orang baru berpikir saat akan lomba, kami sudah siap terlebih dahulu sekitar 80% untuk mengikuti lomba. Demikian pula meski belum ada info dari Diknas Kabupaten ataupun Propinsi, namun kami sudah menyiapkan semuanya. Saat ini, lanjut Supriyadi, kan baru bulan ke 4 ditahun pelajaran. Namun kami sudah berlatih dan kesiapan kami sudah dikisaran 40

sd 50% sehingga tinggal 2/3 sampai 4 bulan kedepan kami sudah benar - benar siap menghadapi lomba. Itu yang membedakan kami dengan yang lain, tandas Supriyadi.

SENI TRADISIONAL, KOES PLUS & ARMADA

Lalu sebagai manusia, apa hobynya ? tanya Banten88.com. Supriyadi menguraikan, bidang olahraga semula menyenangi voli. Ketika pamor voli melai surut, ia aktif di badminton. Kalau soal musik, ia menyukai semua musik tradisional Sunda seperti irama Cianjuran dan wayang. Serta menyenangi gubahan seniman Sunda legendaris Gugum Gumbira Tirasonjaya dengan vocal Euis Komariah yang mendayu - dayu sahdu. Juga menyukai album pop Sunda kang Darso antara lain lagu hits nya Sarboah. Kalau untuk musik pop ia menyukai Koes Plus antara lain pada lagu Layang - layang, Kolam Susu dan Bujangan. Banten88.com bertanya lagi kenapa suka Koes Plus ?. Supriyadi menjawab " Saya ikut mengalami masa ketika band Koes Plus sangat terkenal di Indonesia. Tapi untuk musik masa kini saya suka Armada Band ". Demikian H. Supriyadi, M.Pd, Kepala SMPN 1 Kuningan, Jawa Barat. (SS).

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top