Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Ekonomi dan Bisnis

MESKI AMAN & RETRIBUSI LUMAYAN PASAR CURUG KUSAM, LAYAK RENOVASI

Sabtu, 27 Oktober 2018 18:12:06 wib - Komentar
Pasar Curug Tangerang.

TANGERANG (Banten88.com) :PASAR Curug berlokasi di Kecamatan Curug, termasuk pasarlegendaris di Kabupaten Tangerang. Lokasinya strategis dipinggir jalan besar yang menghubungkan ke arah jalan Tol menuju Provinsi DKI dan Provinsi Banten. Luas tanahnya mencapai 9303 Meter. Luas bangunannya 1469, 88 M2 dengan jenis bangunan permanen 2 lantai. Kapasitas Parkir 48 mobil dan 120 motor. Jam bisnis dari pagi hingga malam. Pasar Curug masuk klasifikasi Pasar : 1 dengan komoditi sbb : Pakaian 22%, Sembako 10, 33% dan Sayuran 9, 75%.

RETRIBUSI DAN KEAMANAN BAIK

Retribusi pasar ini tergolong baik bahkan mencapai 90% lebih. Dari target retribusi Rp.1.700.000,- per hari rata - rata tercapai di angka Rp.1.500.000,-. Namun pada Sabtu dan Minggu, ungkap Kepala Pasar Curug Didi Supiyadi pada media cyber Banten88.com, retribusi bisa mencapai Rp.1.600.000,- per harinya.

Keamanan pasar ini juga cukup baik dan aman. Menurut keterangan petugas keamanan bernama Rengga jarang sekali ada tindak kejahatan di pasar tsb. " Pernah sekali ada kejahatan pengutilan (ngentit) baju kedalam tas. Namun pelaku bisa kita ringkus dan langsung kita serahkan ke Polsek, ungkap Rengga. Kelebihan lain pasar ini adalah harga - harga bisa lebih miring dibandingkan dengan harga - harga di Pasar Bonang dan Pasar

Malabar di Kota Tangerang. Sementara instalasi listrik dipasar tsb juga sudah dibenahi. Kabel diganti dengan yang lebih besar dan ber SNI.

TERKESAN KUSAM & TIDAK BERSIH

Namun meski aman dan penghasilan retribusi cukup baik, pembeli sebenarnya mengeluhkan kondisi pasar curug yang kusam dan bau sampah sehingga tidak bersih dan tidak nyaman baik buat pedagang maupun bagi pembeli. Hal ini disebabkan karena tumpukan sampah yang tidak diangkut rutin setiap harinya. Menurut keterangan beberapa pedagang, jika hari Jumat, Sabtu dan Minggu sampah bakal bertumpuk karena tidak diangkut.

Sebentar lagi musim penghujan tiba, genangar air disayap sebelah kiri pasar dekat los ayam hidup, sudah beberapa lama tidak pernah airnya dialirkan. Sehingga genangan ini menimbulkan bau yang amat menyengat dan becek disana dimari.

Soal tumpukan sampah dan bau tidak sedap sudah media ini konfirmasikan kepada Kepala Pasar Curug Didi Supiyadi (Sabtu 27/10/2018). Menurut Didi, terkait dengan kebersihan pasar itu sudah ada pengelolanya tersendiri dan saya sudah sering mengingatkan pentingnya kebersihan pasar, jelas Didi pada Banten88.com

PASAR CURUG LAYAK RENOVASI

Trend saat ini adalah mempertahankan dan membenahi pasar tradisional menjadi pasar modern yang lebih tertata, lebih bersih dan parkir tidak semrawut.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memiliki 15 Program Unggulan. Salah satunya adalah revitalisasi dan pemanfaatan  aset daerah untuk pembangunan dan pengembangan infrastruktur serta revitalisasi dan pembangunan pasar. Sehingga jika program ini diimplementasikan, Pasar Curug harus masuk revitalisasi menuju pasar modern yang bersih, nyaman, aman dan mudah. (SS).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top