Indonesia English
Sabtu, 20 April 2019 |
Pendidikan

Monev BOS SMP Sub Rayon 4, Diharapkan Pengelolaan BOS Sesuai Juknis

Senin, 14 Januari 2019 11:14:27 wib - Komentar

Serang(Banten88.Com):Pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi Biaya Operasional Sekolah (BOS) bagi satuan pendidikan SMP yang berada di sub Rayon 4, memastikan agar para kepala sekolah dan bendahara SMP se kabupaten Serang, melaksanakan pengelolaan dan membuat laporan Pertanggung jawaban dana BOS sesuai dengan petunjuk teknis yang diatur dalam Permendikbud nomor 1 tahun 2018. Selain itu, para kepala sekolah dan bendahara serta para guru untuk meningkatkan kinerja secara signifikan.

“Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) ini adalah kegiatan rutin merupakan kewajiban dari Satuan Kerja BOS (Satker) Kabupaten Serang, kita harus memastikan para kepala sekolah SMP Negeri dan swasta melaksanakan pengelolaan Biaya Operasional Sekolah (BOS) dengan baik. Salah satu buktinya yakni telah selesainya administrasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ BOS), tri wulan terakhir, tahun 2018. Kita meminta kepada seluruh kepala sekolah dan bendahara di setiap satuan pendidikan, penerima dana BOS untuk melaksanakan kegiatannya sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan dalam Permendikbud nomor 1 tahun 2018,”kata Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Drs.H. Heriyana, M.Pd kepada wartawan usai kegiatan monev di SMP Negeri 1 Jawilan, Senin (14/1).

Menurut Heriyana, tahun ini, ada termin baru yang mengatur tentang pelaksanaan pengelolaan dana BOS untuk TMT tahun 2019. Untuk tahun ini, lanjut Heriyana, ada tiga macam jenis dana BOS yakni BOS reguler (Yang sekarang diterima ketentuan sama), BOS Kinerja yakni dana BOS yang diperuntukan untuk sekolah-sekolah yang kinerjanya baik dan BOS Avirmasi.

Heriyana mengungkapkan ada 10 persen sekolah dari jumlah total sekolah yang ada di kabupaten Serang yakni 196 SMP, artinya adacsekitar 20 SMP akan mendapatkan dana BOS prestasi. Syaratnya ketentuannya, prestasinya harus baik, diukur dengan indikator yakni telah Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI), Penjamin Mutu Pendidikan (PMP), nilai UKG guru dan nilai rata-rata UN.

“Nanti akan ditentukan sekolah mana yang berhak mendapatkan dana tambahan 60 juta per tahun, kalau kinerjanya bagus,”ungkap Heriyana.

Sedangkan BOS avirmasi, tutur Heriyana, ketentuannya dari Kementrian Pengembangan desa tertinggal, sekolah mana saja yang akan mendapat bantuan. Namun pada prinsipnya sekolah yang berada di pinggiran atau daerah terpencil yang masih membutuhkan bantuan lebih dari BOS reguler.

Heriyana menghimbau kepada kepala sekolah dan bendahara selaku pengelola dana BOS di tahun yang akan datang harus lebih meningkatkan lagi kinerjanya, sesuai dengan aturan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hasil monev yang sudah diverifikasi ini akan dievaluasi, apakah sudah sesuai belum dengan instrumen yang diberikan. Jika tidak sesuai akan ada pembinaan khusus, kalau yang belum sesuai LPJ nya harus segera diperbaiki sampai sempurna sesuai dengan ketentuan.

“Jadi nanti akan ada pembinaan khusus termasuk melihat absen, jika hari ini ada yang tidak hadir, kita akan datangi ke sekolahnya supaya sama mendapatkan kegiatan verifikasi. Pembinaannya di titik-titik yang menurut kita belum betul, kita ada dititik itu maka akan di tindaklanjuti, umpamanya tentang penulisan buku kas umum, kita akan berikan pembinaan tentang buku kas umum, kalau kelemahannya dalam membukukan pajak, ya pembinaannya tentang pajak, ada hal-hal yang penting kalau tidak sempurna akan merembet ke urusan yang lainnya,”terangnya.

Ketua Sub Rayon 4, Muhri, M.Pd menyampaikan apresiasi kepada seluruh kepala sekolah dan bendahara SMP yang semangat mengikuti kegiatan monev LPJ BOS tri wulan akhir, tahun 2018.

“Alhamdulilah hampir seluruh kepala sekolah dan bendahara yang tergabung di sub rayon 4 hadir dalam kegiatan monev,”ujar Muhri.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Jawilan, H. Mail Ismail, MM.Pd mengaku kegiatan monev dilaksanakan secara bergantian di setiap rayon. Untuk hari ini, tim satker BOS kabupaten Serang memeriksa LPJ BOS bagi SMP yang ada di sub rayon 4, bertempat di SMPN 1 Jawilan selaku tuan rumah. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top