Indonesia English
Rabu, 03 Juni 2020 |
Nasional - Kesehatan

Musim Pancaroba, Dinkes Banten Waspadai DBD

Kamis, 14 Januari 2016 19:58:05 wib - Komentar
Ir. Yanuar.

 

SERANG,(Banten88.com): Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten meminta kepada Dinkes kabupaten/kota di Banten untuk mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD)  dalam menghadapi musim pancaroba ini. Saat ini  sudah ditemukan beberapa  kasus DBD di sejumlah daerah di Banten.

Kepala Dinkes Provinsi Banten M. Yanuar mengatakan, untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran penyakit  DBD yang terjadi  di Banten, pihaknya meminta masing-masing daerah bertindak cepat mengatasi penanganan DBD tersebut. Namun sejauh ini kasus penyakit DBD di Banten masih dianggap belum membahayakan dan belum termasuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Sejauh ini kita baru menerima laporan dua daerah yang ditemukan kasus DBD salah satunya di Kota Serang, tapi satu daerah lagi saya lupa. Karena datanya ada di bagian P2PL,” kata Yanuar yang merupakan mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten ini, ketika dihubungi, Kamis, (14/1).

Dijelaskan Yanuar, sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan tim penanganan DBD untuk melakukan sosialisasi di daerah. Namun demikian, penanganan penyakit DBD ini juga bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, perlu dukungan dari masyarakat dalam menjaga lingkungan di daerahnya. Sehingga penyebaran penyakit DBD yang diakibatkan oleh nyamuk aedes aegypti tidak meluas.

“Sejauh ini kasus tersebut masih bisa ditangani oleh abupaten/kota. Namun jika memang kabupaten/kota sudah tidak mampu menangani, kapan pun kami siap turun ke daerah, bahkan obat-obatan pun sudah kami siapkan,” katanya.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top